Lebaran Bareng, Ketua MUI Ajak Umat Islam Bertakbir

Awal Ramadan 1935 H Jatuh pada Hari Minggu, 29 Juni 2014
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Puncak Lebaran, Smartfren Panen Data dan Panggilan
- Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Din Syamsuddin segera mengajak umat Islam bertakbir setelah Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin secara resmi mengumumkan tanggal 1 Syawal tahun 1436 Hijriyah jatuh pada esok hari, Jum'at, tanggal 16 Juli 2015.

Selama Lebaran, 790 Kecelakaan Terjadi di Jateng

"Mari kita agungkan Idul Fitri dengan mengumandangkan Takbir," ujar Din di Kantor Kementerian Agama, Kamis, 16 Juli 2015.
Seribu Orang Tewas saat Mudik


Ia kemudian memimpin pengumandangan ucapan Takbir diikuti oleh Menteri Agama, para duta besar negara sahabat, serta para wartawan yang meliputi konferensi pers penetapan tanggal 1 Syawal 1436 Hijriyah.


"Silakan teruskan mengumandangkan ucapan Takbir ini di tempat masing-masing," ujar Din.


Din mengaku bersyukur atas kesepakatan yang akhirnya bisa dicapai oleh pemerintah dan seluruh ormas Islam terkait penetapan 1 Syawal.


Untuk selanjutnya, Din mengatakan perlu adanya upaya dari pemerintah untuk bersama-sama membuat sebuah kalender Islam yang bersifat universal dengan perhitungan astronomis yang sesuai syariat Islam dan menjadi acuan utama seluruh umat Muslim di Indonesia atau bahkan dunia untuk menentukan jatuhnya tanggal 1 Ramadhan dan 1 Syawal.


"Bila kalender seperti itu dimiliki, Insya Allah kontroversi penetapan tanggal 1 Ramadhan dan 1 Syawal tidak akan lagi terjadi," ujar Din.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya