'Pemudik Kini Pintar, Lebaran Pertama di Jakarta Dulu'

Arus Balik Mudik Lebaran 2013 di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Tahun Baru Hampir 400 Ribu Kendaraan Lintasi Tol Cikampek
- Kepala humas PT Kereta Api Indonesia daerah operasi (Daop) 1 Jakarta, Bambang S. Prayitno memaparkan bahwa sebanyak 36.255 pemudik telah kembali ke Jakarta melalui beberapa stasiun. Puluhan ribu pemudik yang sudah pulang kembali ke Jakarta tersebut dicatat per tanggal Senin, 20 Juli 2015.

Puncak Lebaran, Smartfren Panen Data dan Panggilan

Perkiraan angka tersebut berasal dari Stasiun Gambir (11.708 pemudik), Stasiun Jatinegara (3.578 pemudik) dan juga Stasiun Pasar Senen (20.969 pemudik).
Mobil Pemudik Terbalik Masuk Tambak


"Saya yakin saat ini dari stasiun-stasiun yang ada di Jawa Timur dan Jawa Tengah seperti di kota Surabaya, Jogjakarta dan kota lainnya pasti sudah penuh pemudik, yang ingin kembali saat ini. Kerena hari ini merupakan hari terakhir waktu cuti bersama yang ditetapkan pemerintah," ujar Bambang saat dihubungi, Selasa 21 Juli 2015.


Ia menjelaskan, warga Jakarta yang melakukan mudik pada Lebaran 2015 ini masih terhitung tinggi. Pihaknya mencatat, hingga pukul 12.30 WIB hari ini ada sebanyak 9.832 penumpang yang diberangkatkan melalui Stasiun Pasar Senen, Jakarta. Bambang berpendapat, pemudik kini sudah pintar dalam memilih waktu yang tepat untuk pulang ke daerah asal masing-masing.


"Saya banyak bertanya pada pemudik yang baru merayakan Lebaran di hari kelima ini ke kampung halamannya. Mereka menjawab perayaan Lebaran di hari pertama dilakukan bersama tetangga mereka di Jakarta dan itu tidak salah toh. Saat ini mereka mudik ke kampung halamannya dengan memanfaatkan cuti tahunan untuk berlebaran di kampung halamannya, karena cuti bersama dihabiskan untuk bersilaturahmi di Jakarta," kata Bambang.



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya