Indonesia Tak Mungkin Berkelas Dunia, Jika Birokrasi Lambat

Menpan-RB Yuddy Chrisnandi saat sidak di ANRI.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Foe Peace Simbolon
VIVA.co.id
Dicopot Jokowi, Yuddy Akan Fokus Mengajar
- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPanRB), Yuddy Chrisnandi, akan mengeluarkan kebijakan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) juga terdapat di daerah. Hal tersebut dilakukan, agar masyarakat tidak perlu bersusah payah melihat arsip nasional. 

Soal Surat Rekomendasi Yuddy, Jokowi Sebut Tidak Etis
Demikian ungkap Yuddy, ketika melakukan sidak di kantor ANRI, Jakarta Selatan, pada Rabu, 22 Juli 2015. Dia menyebut kebijakan itu sebagai bagian dari reformasi tata kelola pemerintahan berkelas dunia. 

Surat Permohonan Fasilitas Bukan Arahan Menteri Yuddy
"Ini lihat, Arsip Nasional seperti ini, nanti akan diduplikasi di daerah- daerah. Hal itu dilakukan agar, masyarakat tidak perlu jauh- jauh ke sini untuk melihat Arsip Nasional," ujar Yuddy. 

Dia juga akan mengeluarkan kebijakan lainnya yakni pembatasan kegiatan Aparatur Sipil Negara di luar kantor. Yuddy berjanji akan mengubah pola pikir dari birokrat yang selama ini bertingkah seperti priyayi. 

"Kita tidak mungkin berkelas dunia, jika birokrasi lambat, mempersulit pelaku ekonomi, tebang pilih dan tak transparan," tegas Yuddy. 

Selain melakukan sidak ke kantor ANRI, Yuddy bergerak ke beberapa kantor pemerintahan lainnya, antara lain kantor imigrasi Jakarta Selatan, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Sebelumnya, Yuddy sudah melakukan sidak ke beberapa instansi pemerintahan lainnya untuk memeriksa jika ada PNS membolos usai libur Lebaran. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya