PBNU Serukan Publik Jaga Toleransi Antarumat

Ketua Umum Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siroj.
Sumber :
  • VIVAnews/Irvan Beka

VIVA.co.id - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak masyarakat mengutamakan toleransi pasca insiden kerusuhan di Tolikara. Seruan itu disampaikan agar perdamaian antarumat beragama bisa terjaga.

22 Oktober Jadi Hari Santri, Said Agil: Ini Penghargaan

"Umat Islam jangan terpengaruh dan tidak melakukan aksi anarkis terkait bentrokan Tolikara demi terjaganya kerukunan antarumat beragama," ucap Ketua Umum PBNU, KH. Said Aqil Siradj, Jumat, 24 Juli 2015.

PBNU mendukung adanya penyelesaian damai tanpa upaya balas dendam agar konflik dapat diredam dan tak berkepanjangan.

Ramai-ramai Jamin Keamanan Salat Idul Adha di Tolikara

"Tidak akan pernah selesai sebuah kekerasan jika diselesaikan dengan cara kekerasan juga. Langkah damai adalah langkah yang tepat untuk menghentikan kejadian-kejadian intoleransi, khususnya di tanah Papua, dan umumnya di Indonesia secara keseluruhan," katanya menambahkan.

Sebagai negara majemuk, Indonesia membutuhkan kesatuan yang kokoh. Apalagi, Indonesia kini tengah memasuki era globalisasi sehingga perbedaan agama, suku, partai politik maupun aliran kepercayaan yang dianut masyarakat seyogyanya tetap bersatu.

Ratusan Personel Polisi dan TNI Siap Amankan Tolikara

"Hal ini sangat membutuhkan persatuan dan kesatuan yang kokoh," ujarnya berharap.

PBNU berharap, bentrokan yang terjadi di Kecamatan Karubaga tidak terulang di kemudian hari. Menurut Said, bentrokan SARA rentan merusak persatuan Indonesia dalam menghadapi era globalisasi.

"Sebenarnya bangsa ini adalah bangsa yang berbudaya. Kita semua menyepakati bentuk nation state/darussalam/negara kesatuan yang merangkul semua komponen bangsa ini. Saya berharap pemerintah, melalui aparat penegak hukumnya, harus segera mengungkap kejadian ini dan menindak pelakunya."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya