Abu Vulkanik Raung Ganggu Penerbangan dari Malang

Gunung Raung
Sumber :
  • ANTARA/Budi Candra Setya
VIVA.co.id
Terganggu Abu Bromo, Bandara Abdulrachman Saleh Ditutup
- Landasan pacu di Bandar Udara Abdulrachman Saleh, Malang, tertutup oleh abu vulkanik dari erupsi Gunung Raung. Akibatnya sejumlah maskapai membatalkan penerbangan atau memindahkan ke Bandara Juanda, Surabaya.

Gunung Bromo Siaga III, Masyarakat Jatim Diminta Waspada

"Kami dapat pesan pendek dari Sriwijaya (Air) kemarin malam bahwa penerbangan hari ini dipindah ke Juanda," kata Bayu Mahendra, penumpang Sriwijaya Air tujuan Jakarta, pada Sabtu, 25 Juli 2015.
Abu Vulkanik Rinjani Dua Maskapai Australia Batal Terbang


Bayu mengatakan mendapat beberapa pilihan dari pihak maskapai, seperti terbang dari Juanda dengan waktu yang sama, pengembalian dana dalam bentuk kupon, atau penjadwalan ulang yang harus lewat kantor pusat Sriwijaya Air.


"Sebenarnya ingin
refund
dan gunakan maskapai lain, tapi diberi dalam bentuk
voucher
, sehingga kami terpaksa hanya bisa melanjutkan dengan Sriwijaya, walau harus berangkat lebih awal ke Juanda," ucapnya.


Lebih lanjut Bayu menyebut tidak ada layanan pengantaran, dari Abdulrachman Saleh ke Juanda, karena maskapai tidak merasa perlu bertanggungjawab dalam kondisi
force majeur
atau bencana alam.


Manajer Distrik Sriwijaya Air Malang, Yusri Hamzah, mengatakan ada empat penerbangan menuju Jakarta yang dialihkan melalui Juanda, dengan total penumpang sebanyak 592 orang.


"Sebenarnya bandara sudah dibuka, tapi kondisi saat ini bandara masih harus membersihkan abu vulkanik di
runway
. Pertimbangan keselamatan kami alihkan semua penerbangan via Juanda," katanya.


Pembatalan penerbangan juga dilakukan maskapai Wings Air, dengan rute Malang-Denpasar. Manajer Pelayanan Bandara Wings Air Malang, Sindu Yudistiro, menyebut ada 60 penumpang yang terkena dampak.


Namun para penumpang Wings Air lebih beruntung, dibandingkan para penumpang Sriwijaya Air, karena pengembalian dana diberikan dalam bentuk uang tunai. Wings Air tidak dapat mengalihkan penerbangan, dengan telah padatnya Juanda.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya