Mbah Rono: Erupsi Gunung Raung Tak Seheboh Merapi

Gunung Raung
Sumber :
  • ANTARA/Budi Candra Setya

VIVA.co.id - Warga sekitar Gunung Raung di Besuki, Jawa Timur, sempat dibuat was-was. Sebab beredar isu letusan Gunung Raung akan sebesar letusan Gunung Merapi. Namun hal itu langsung dibantah Mbah Rono.

Menurut Kepala Badan Geologi ESDM, Surono atau yang akrab disapa dengan Mbah Rono, erupsi Gunung Raung tak akan seheboh merapi. Hal itu karena karakter kedua gunung tersebut berbeda.

"Ya, jangan terpancing dengan isu Raung akan meletus besar. Erupsi Raung ya seperti ini, mengeluarkan letusan dari kawah bukan seperti Merapi yang erupsinya membentuk kubah," kata Mbah Rono kepada tvOne, Sabtu, 25 Juli 2015.

Lebih lanjut, pakar Geologi ini menjelaskan bahwa erupsi yang membentuk kubah seperti kasus Gunung Merapi memang akan menyebabkan guguran awan panas yang membahayakan.

Mbah Rono hanya meminta warga di sekitar gunung tetap tenang dan tak beraktivitas hingga batas aman tiga kilometer. "Aktivitas Gunung Raung makin mengecil sejak letusan 18 Juli lalu," katanya.

Terakhir, Mbah Rono juga membenarkan kabar bahwa letusan Gunung Raung dapat membahayakan pesawat terbang karena abu yang terbawa angin dapat merusak mesin.

Dampak Gunung Raung Sampai ke Bandara Semarang

Laporan: Nuryanto/tvOne

Gunung Raung

Gunung Raung Mulai Stabil, Statusnya Diturunkan Jadi Waspada

Masyarakat diimbau tidak beraktivitas pada radius dua kilometer.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2015