Jaksa Agung Serahkan Rekam Jejak Capim ke Pansel KPK

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Kejaksaan Agung mengaku telah selesai menelusuri seluruh peserta yang mendaftar calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tahap III.

Basaria Panjaitan, Polwan Pertama Pimpin KPK

Namun terkait hasil penelusuran rekam jejak para calon, Kejagung enggan membeberkan kepada publik dengan alasan merupakan rahasia negara.

"Untuk hasilnya rahasia. Hanya Jaksa Agung HM Prasetyo dan Ketua Pansel yang mengetahuinya," kata Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejagung, Tony Spontana usai diskusi di Hotel Gumaya, Semarang, Selasa, 28 Juli 2015.

Tony menjelaskan, sebelumnya ketua Pansel Capim KPK telah menyampaikan nama-nama calon kepada Jaksa Agung. Untuk selanjutnya nama-nama tersebut akan dikaji secara mendalam track record masing-masing calon.

Terkait proses penelusuran yang dilakukan, lanjut Tony, akan diketahui semua hal yang ada pada calon yang lolos. Mulai dari apakah calon tersebut pernah terjerat kasus hukum atau tidak. Sehingga semua calon akan dapat diketahui secara detail track record masing-masing secara mendalam.

"Akan diketahui secara pasti apakah yang bersangkutan pernah ada catatan dalam penanganan perkara yang sudah dilakukan oleh Kejaksaan atau tidak," ucap dia.

Tak terkecuali para calon pimpinan KPK yang berasal dari unsur Kejaksaan. Tony menambahkan, pihaknya juga menelusuri secara serius para calon apakah pernah terlibat tindak pidana selama menangani kasus di Kejaksaan atau tidak.

pelantikan pimpinan kpk

PDIP: Pemimpin Baru KPK Sudah Selesai Urusan Pribadinya

Makanya PDIP memilih mereka.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2015