KPU Buka Pendaftaran Bagi Daerah yang Hanya Ada Satu Calon

Panwaslu Malang Pangkas Anggaran Pilkada hingga Rp1,5 Miliar
Sumber :
  • D.A. Pitaloka/Malang

VIVA.co.id - Pendaftaran calon pasangan kepala daerah untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak sudah ditutup pada Selasa 28 Juli 2015, pukul 16.00 WIB.

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP

Menurut data sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU), setidaknya ada 11 daerah yang hanya memiliki satu pasangan calon kepala daerah.

Untuk itu, Ketua KPU Husni Kamil Manik, mengatakan KPU akan membuka pendaftaran kembali selama tiga hari bagi daerah yang saat ini hanya memiliki satu calon pasangan kepala daerah.

"Sebagaimana kita jelaskan dalam surat edaran nomor 403, bagi daerah-daerah yang jumlah pasangan calon terdaftar kurang dari dua, maka dalam tiga hari ke depan akan memberitahukan kepada parpol (partai politik) dan mengumumkan kepada publik bahwa dibuka kembali proses pendaftaran pasangan calon," jelas Husni saat jumpa pers, di Gedung KPU, Rabu dini hari, 29 Juli 2015.

Husni menambahkan, tiga hari yang diberikan oleh KPU adalah mulai tanggal 1 Agustus 2015 hingga 3 Agustus 2015.

11 daerah yang terhimpun oleh KPU saat ini hanya memiliki satu pasangan calon kepala daerah yakni, Kabupaten Blitar (Jawa Timur), Kabupaten Purbalingga (Jawa Tengah), Kabupaten Asahan (Sumatera Utara), Kabupaten Pacitan (Jawa Timur), Kota Surabaya, Kabupaten Serang (Banten), Kabupaten Tasikmalaya (Jawa Barat), Kabupetan Minahasa Selatan (Sulawesi Utara), Kabupaten Timur Tengah Utara (NTT), Kota Mataram (NTB), dan Kota Samarinda (Kalimantan Timur).

Selain 11 daerah yang saat ini hanya memiliki satu calon pasangan kepala daerah, Husni mengungkapkan, ada satu daerah yang saat ini belum memiliki calon pasangan kepala daerah.

"Ada satu daerah yang belum memiliki calon pasangan kepala daerah, yaitu Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Sulawesi Utara)," kata Husni.

Sampai saat ini, kata Husni, data yang masuk ke KPU, sudah ada 705 pasangan calon kepala daerah yang sudah mendaftar. Dari 705 pasangan calon kepala daerah yang mendaftar, 650 calon kepala daerah laki-laki dan 55 calon kepala daerah perempuan.

"Kemudian, calon kepala daerah yang didukung parpol sebanyak 576 dan calon perseorangan sebanyak 129," ujar Husni.

Sementara itu, dari 269 daerah yang mengadakan Pilkada serentak pada tahun ini, daerah Pematang Siantar (Sumatera Utara)lah yang memiliki calon pasangan kepala daerah terbanyak.

"Di daerah ini (Pematang Siantar), ada 10 calon pasangan kepala daerah, enam pasangan calon perseorangan, dan empat pasangan calon yang didukung gabungan parpol," kata Husni.

Data ini, lanjut Husni, masih bersifat sementara dan masih akan terus diperbarui. "Ini data sementara yang masuk, nanti kalau ada data lagi kita akan beritahu. Ada kemungkinan bertambah lagi nantinya pasangan calon kepala daerah," tuturnya. (asp)

PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI
Sekjen PDIP, Hasto Kristiyanto.

Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma

PDIP sampai saat ini belum memutuskan calon gubernur DKI.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016