Ini Kota Paling Banyak Calon Maju di Pilkada Serentak

Persiapan Pilkada Serentak 2015
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi
VIVA.co.id
Hasto Bantah Sering Komunikasi dengan Risma
- Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Husni Kamil Manik, mengatakan bahwa sampai saat ini Kota Pematang Siantar, menjadi daerah dengan calon kepala daerah terbanyak dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2015.

Koalisi Kekeluargaan Masih Belum Bersifat Final, kata PDIP

"Sementara, dalam catatan yang terhimpun saat ini, jumlah calon terbanyak di kota Pematang Siantar, dengan jumlah 10 pasangan calon yang terdiri dari enam pasangan calon perseorangan dan empat pasangan calon yang didukung gabungan parpol," ujar Husni saat jumpa pers, di Gedung KPU, Rabu dini hari, 29 Juli 2015.
PDIP Masih Cari Momentum Baik untuk Umumkan Cagub DKI


Berbanding terbalik dengan Kota Pematang Siantar, Husni mengungkapkan, sampai saat ini, ada sejumlah daerah ternyata yang mendaftar hanya satu pasangan calon, bahkan tidak ada sama sekali pasangan calon.


"Total ada 12 daerah yang hanya satu pasangan dan tidak ada pasangan," kata Husni.


12 daerah tersebut adalah Kabupaten Blitar (Jawa Timur), Kabupaten Purbalingga (Jawa Tengah), Kabupaten Asahan (Sumatera Utara), Kabupaten Pacitan (Jawa Timur), Kota Surabaya, Kabupaten Serang (Banten), Kabupaten Tasikmalaya (Jawa Barat), Kabupetan Bolaang Mongondow Timur (Sulawesi Utara), Kabupetan Minahasa Selatan (Sulawesi Utara), Kabupaten Timur Tengah Utara (NTT), Kota Mataram (NTB), dan Kota Samarinda (Kalimantan Timur).


Husni menjelaskan, sampai saat ini, data yang diterima oleh KPU sudah ada 705 calon kepala daerah yang mendaftar dalam Pilkada tahun 2015.


"Sejauh ini data yang masuk, 705 calon kepala daerah sudah mendaftar, sebanyak 650 calon kepala daerah laki-laki dan 55 calon kepala daerah dari perempuan," kata Husni.


Kemudian, kata Husni, calon kepala daerah yang didukung partai politik gabungan sebanyak 576 dan kemudian calon perseorangan sebanyak 129. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya