Lantik 793 Perwira, Jokowi Minta TNI/Polri Tak Konflik

Presiden Jokowi memberi penghargaan pada perwira muda TNI-Polri.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah
VIVA.co.id
WNI Disandera, Pemerintah Dinilai Gagal Jaga Kedaulatan
- Presiden Joko Widodo melantik sebanyak 793 lulusan perwira muda TNI dan Polri di lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah, Kamis 30 Juli 2015. Jokowi mengingatkan para perwira muda itu untuk menjaga agar dua institusi keamanan negara tersebut tak terlibat konflik lagi.

Dua Jenderal Polri Akan Duduki Jabatan Dirjen di Kementerian

"TNI/Polri harus melakukan kerja sama. Jangan justru terlibat konflik dan mempertahankan ego sektoral masing-masing. Bangun hubungan komunikasi dan kekeluargaan sesama anggota," kata Jokowi yang bertindak sebagai inspektur upacara.
Dua Anggota Santoso yang Tewas Warga Asing


793 perwira TNI-Polri dilantik Presiden pada upacara bertajuk Praspa TNI dan Pelantikan Perwira Polri 2015 itu. Masing-masing adalah Akademi Militer Angkatan Darat di Magelang (215 lulusan perwira), Akademi Angkatan Laut di Surabaya (100 perwira), Akademi Angkatan Udara di Yogyakarta (89 perwira) dan dari Akademi Kepolisian di Semarang (389 perwira).


Menurut Jokowi, sebagai konsekuensi institusi pertahanan dan bidang keamanan  TNI maupun Polri harus selalu sinergi. "Institusi keamanan jangan justru menjadi sumber konflik, akan tetapi harus menjadi keberagaman yang saling mengisi, " kata dia.


Presiden juga mengambil sumpah jabatan terhadap 790 perwira TNI-Polri yang dilantik. Jokowi juga mengingatkan bahwa momentum pelantikan dan kelulusan bukanlah akhir dari perjalanan meraih prestasi.


"Momen ini menjadi awal pengabdian kepada bangsa dan negara. Seorang pemimpin harus memiliki modal, kompetensi, integritas, karakter tangguh dan siap hadapi tantangan," ujar dia.


Dalam upacara akbar itu, Jokowi juga menyematkan penghargaan Adhi Makayasa kepada para lulusan terbaik untuk masing-masing akademi. Empat perwira Matra yang mendapatkan anugerah Adhi Makayasa adalah Letda Angger Panduyuda, Letda laut Yudistira dari Angkatan Laut, Letda Tek Dito Sigit Kuncoro dari Angkatan Udara dan Ipda Fauzi Pratama dari Akademi Kepolisian.


Penghargaan Adhi Makayasa diberikan kepada empat perwira muda itu karena mereka dinyatakan menonjol dalam berbagai bidang pendidikan. Selain kemampuan fisik terbaik, mereka juga memiliki kemampuan akademis yang menonjol.


Di akhir acara, Jokowi juga melakukan pelepasan 1.200 burung kutilang dan trucuk sebagai bentuk pengabdian kepada para perwira terhadap negara. Dilanjutkan berbagai pagelaran tari dan musikal Praspa Nusantara oleh Akpol Semarang. (one)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya