Mendagri Lantik Pejabat Gubernur Jambi dan Kalimantan Tengah

Mendagri Tjahjo Kumolo saat melaporkan harta kekayaan ke KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, melantik pejabat gubernur Jambi dan gubernur serta wakil gubernur Kalimantan Tengah.

Kemendagri Sosialisasi PP Tentang Perangkat Daerah

Mantan Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kemendagri, Irman ditunjuk sebagai pejabat (PJ) gubernur Jambi, menggantikan Gubernur Jambi periode 2010-2015 Hasan Basri Agus, yang akhir masa jabatannya habis pada 3 Agustus 2015.

Sementara itu, Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Tengah, Agustin Teras Narang dan Achmad Diran telah menjabat dua periode kepemimpinan, dan jabatannya berakhir pada 4 Agustus 2015, digantikan Hadi Prabowo, deputi Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP), hingga ada gubernur definitif yang baru.

Mendagri Bersurat Minta KPK Bentuk Kantor Daerah

"PJ harus melaksanakan tugas dengan amanah dan penuh tanggung jawab untuk kepentingan masyarakat serta bangsa Indonesia," kata Mendagri Tjahjo, di Sasana Bhakti Praja Kemendagri Gedung C, Jalan Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat, Rabu, 5 Agustus 2015.

Tjahjo menerangkan, tugas utama sebagai pejabat gubernur adalah melakukan koordinasi dengan pihak dan instansi terkait, untuk menyukseskan pilkada serentak 2015, sehingga bisa berjalan demokratis. Pejabat gubernur diminta menggerakkan serta mengorganisasi seluruh perangkat pemerintah dari tingkat provinsi hingga desa untuk berlaku netral.

Mendagri Minta Kepala Daerah Baru Segera Susun RPJMD

"Mengawasi setiap pasangan calon yang ada untuk tidak menggunakan aset pemerintah," ujar Tjahjo.

Ia juga menambahkan bahwa pejabat gubernur harus membangun sinergi dengan DPRD, untuk persiapan menyusum peraturan daerah atau kebijakan daerah, yang berkaitan demgan perencanaan pembangunan daerah 2016.

Selain itu, Tjahjo menambahkan, pejabat gubernur yang ada harus melanjutkan apa yang telah menjadi kebijakan kepala daerah sebelumnya. "Harus ada program loncatan, tidak hanya program atau kegiatan yang selama ini dijalankan," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya