Kado Spesial Menteri Susi untuk HUT RI Tahun Ini

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti
Sumber :
  • Antara/Joko Sulistyo

VIVA.co.id - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti sudah menyiapkan kado spesial di HUT RI ke-70 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2015 mendatang.

Perngati HUT RI, Veteran Perang Tabur Bunga di TMP Semarang

Kado itu berupa langkah tegas Susi dalam memberantas penangkapan ikal secara ilegal yang dilakukan oleh kapal asing di perairan Indonesia.

"Yah itu dipersembahkan untuk HUT RI ke-70, KKP akan tenggelamkan 70 kapal ilegal yang masuki perairan Indonesia," ujar Susi di Graha Marinir, Jakarta, Kamis, 6 Agustus 2015.

Mengintip Nasionalisme Warga Kampung Bendera di Surabaya

Susi menjelaskan, alasan ingin meledakkan 70 kapal asing karena bersamaan dengan usia Indonesia yang menginjak 70 tahun.

"Sampai saat ini KKP sudah tangkap 36 kapal ilegal. Sisanya, TNI AL yang harus cari 34 kapal ilegal lainnya," kata wanita kelahiran Pangandaran ini.

Skema Asuransi untuk Satu Juta Nelayan

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi menjelaskan, kapal- kapal tersebut ditangkap di daerah yang berbeda- beda saat sedang melakukan ilegal fishing.

"Ada mungkin beberapa tambahan kapal yang melakukan ilegal fishing, tangkapan oleh TNI AL. Target bu Susi sih 70 kapal ditenggelamkan, mungkin sekalian merayakan 70 tahun kemerdekaan RI," kata Ade.

KSAL mengatakan, yang melakukan penangkapan kapal tersebut bukan hanya TNI AL, namun dibantu dengan instansi lain.

"Nanti tangkapan ada juga dari Polair (Polisi air), Ditjen Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan(PSDKP), dari instansi lainnya misalnya Bakamla (Badan Kemanan Laut) RI. Yang TNI AL ini tangkapannya di pulau di Sulawesi Utara, ada 9 buah, kemudian di Kepualuan Riau ada 4, jadi total ada sekitar 13 ya."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya