Lapas Direhab, 174 Napi Gunung Sitoli Dipindahkan

Ilustrasi napi di penjara.
Sumber :
  • ANTARA
VIVA.co.id
Fungsi Bergeser Jadi Penyebab Penjara Over Kapasitas
- 80 narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Gunung Sitoli, Sumatera Utara, tiba di Lapas Kelas IIA Sibolga. Mereka diangkut menggunakan tiga unit truk Dalmas Polres Tapanuli Tengah dan Polres Kota Sibolga. Tiba sekitar pukul 06.00 WIB, puluhan narapidana itu digiring masuk dengan pengawalan aparat bersenjata.

Ditjen Lapas: Penjara Masih Sesak Gara-gara Kasus Narkoba

Pemindahan narapidana Kelas IIB Gunung Sitoli menuju Lapas Kelas IIA Sibolga dilakukan terkait pembangunan di lapas tersebut.
Google Pecat 28 Karyawan Setelah Protes Terhadap Kontrak dengan Pemerintah Israel


Kepala Lapas Kelas IIA Sibolga, Sardiaman Purba mengatakan, puluhan narapidana itu tiba usai menyeberang dengan menggunakan KMP (Kapal Motor Pemenyeberangan) Belanak. Rencananya, kata Sardiaman, pemindahan lapas tahap kedua akan tiba Jumat besok dengan narapidana sebanyak 94 orang.


Total, pemindahan narapidana dari Lapas kelas IIB Gunung Sitoli sebanyak 174 orang. Padahal, menurut Sardiaman, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Sibolga saat ini sudah melampaui kapasitas. Penjara yang idealnya menampung 332 orang itu kini dihuni 580 narapidana.


Adanya pemindahan narapidana, maka Lapas Kelas IIA Sibolga akan menampung 754 napi. Sardiaman tidak bisa memastikan sampai kapan 174 narapidana pindahan itu akan dikembalikan ke Lapas Kelas IIB Gunung Sitoli yang kini tengah rehab bangunan.


Laporan: Syaren Situmorang.






Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya