Polisi Belum Pastikan Dua Teroris Solo Terlibat ISIS

Teroris
Sumber :
  • BAW

VIVA.co.id - Markas Besar (Mabes) Polri masih mendalami dua pria berinisial S dan YK yang diduga terlibat dalam jaringan teroris. Polri sendiri belum dapat memastikan keterlibatan keduanya.

100 Orang Masih Hilang Dalam Aksi Penembakan di Gedung Konser Moskow

"Masih berada di lapangan bersama tim untuk pengembangan," kata Kepala Bagian Penerangan Umum, Mabes Polri Kombes Pol, Suharsono saat di konfirmasi, Kamis 13 Agustus 2015.

Bahkan, Suharsono sendiri masih belum bisa memastikan apakah mereka terlibat dalam jaringan organisasi Islamic State Irak and Suriah (ISIS) atau tidak. "Kami masih belum bisa pastikan itu," ujarnya.

Ia menjelaskan, dua orang tersebut diringkus Datasemen Khusus (Densus) 88 Anti Teror di daerah Pasar Kliwon Solo, Jawa Tengah, tanpa ada perlawanan yang berarti. 

"Tidak ada perlawanan. Penangkapan dibantu warga, dan perangkat desa yang sangat kooperatif," ujarnya.

Tidak Hanya di Rusia, Ada Deretan Jejak ISIS dalam Aksi Teror di Indonesia

Namun Suharsono masih enggan memberikan kepastian mengenai status keduanya. Menurutnya, pihak kepolisian tidak bisa berandai-andai dalam menetapkan status terduga teroris. Yang jelas, penangkapan keduanya berdasarkan informasi dan penyelidikan.

"Ini penangkapan semua berdasarkan penyelidikan. Tapi kami belum bisa jelaskan. Yang jelas kita tidak mungkin menangkap tiba-tiba," pungkasnya.

Suharsono menambahkan, dari hasil penangkapan dan penggeledahan dari kediamannya ditemukan beberapa barang bukti seperti, potongan baut, mur, pipa paralon, bendera atau kain dengan lambang.

Tim Penyelamat Evakuasi Korban di Gedung Konser Moskow (Doc: X)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow

Amerika Serikat (AS) disebut toleh Rusia elah mengambil tindakan terburu-buru dengan menyalahkan kelompok teror ISIS, atas teror di Moskow.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024