TNI Diminta Tindak Tegas Pelarangan Merah Putih di Merauke

Pesona Gunung Tambora
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi I DPR RI, Hanafi Rais, mendesak Pemerintah menyikapi kabar pelarangan pengibaran bendera Merah Putih di Dusun Yakyu, Kampung Rawa Biru, Merauke, Papua.
Komisi VII Dukung Upaya Pemerintah Perkuat Pertamina

"Itu harus diberi tindakan tegas oleh TNI karena itu wilayah kedaulatan kita," kata Hanafi kepada wartawan di kompleks Parlemen di Jakarta pada Jumat, 14 Agustus 2015.
Pimpinan DPR Nilai Sudah Cukup Bukti Jadikan Ahok Tersangka

Hanafi meminta TNI dan Pemerintah melakukan pemantauan ke lokasi. Harus dipastikan kabar yang menyebutkan bahwa militer Papua Nugini melarang pengibaran bendera Merah Putih dengan alasan wilayah itu berada di perbatasan kedua negara. 
Cita Citata Cabut Laporan terhadap Anggota DPR

Legislator PAN itu memastikan wilayah tersebut adalah bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. "Tidak boleh ada wilayah kita diintevensi negara lain, apalagi militer negara lain," Hanafi menegaskan.

Ia meminta penyelidikan dilakukan dengan cermat. Soalnya kabar itu bisa saja menjadi bagian dari provokasi dari kelompok yang tidak bertanggung jawab sehingga hubungan kedua negara menjadi tidak baik.

"Bisa jadi itu provokasi. Harus disikapi proporsional, kalau eskalasinya kecil harus disikapi dengan tindakan dari TNI yang proporsional. Supaya kita tidak terpancing provokasi," katanya. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya