Kemenag Jamin Pemberangkatan Jamaah Haji Sesuai Jadwal

Jemaah Haji Indonesia di Tanah Suci.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah

VIVA.co.id - Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama, Abdul Djamil, menegaskan institusinya terus memproses persiapan layanan ibadah haji, khususnya terkait penyiapan visa jamaah. Djamil mengaku optimis pemberangkatan jamaah haji Indonesia akan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Penegasan ini disampaikan Abdul Djamil melalui keterangan tertulisnya kepada VIVA.co.id, Minggu 16 Agustus, menyusul adanya pemberitaan beberapa visa jamaah kloter awal belum selesai.

Keberangkatan Ditunda, Dua Calon Haji Tunggu Putusan Hakim

“Optimis bahwa pemberangkatan sesuai jadwal, sekarang sedang melakukan proses-proses akhir di KBSA (Kedutaan Besar Saudi Arabia),” kata Djamil.

Djamil mengaku, sejak awal Ditjen PHU memang sudah melakukan upaya-upaya antisipatif dalam mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji, termasuk dalam penyiapan visa jamaah.

“Kita sekarang sedang memacu KBSA untuk bisa menyelesaikan persoalan visa ini secara tuntas,” tuturnya.

Selain itu, Djamil memastikan penyelesaian visa jamaah haji kloter-kloter awal menjadi prioritas untuk diselesaikan sebelum tanggal 21 Agustus 2015.

Calon Haji Asal Madura Nekat Bawa Jamu Kuat Lelaki

Menurut Djamil, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, untuk penyelenggaraan ibadah haji 1436H/2015M, Pemerintah Arab Saudi mengeluarkan kebijakan untuk mengkaitkan visa dengan paket-paket layanan yang ada di Arab Saudi dan pengkloteran jamaah.

Kebijakan yang keluar di tengah proses pembuatan visa ini kemudian berpengaruh terhadap keseluruhan proses, sebab harus ada penyesuaian yang dilakukan dan hampir semua negara mengalami hal serupa.

Jemaah Haji Indonesia Kloter Pertama Tiba di Madinah

“Insya Allah lah semua sesua rencana karena sudah dua minggu terakhir ini kita sudah nglembur. Setelah sebelumnya diinformasikan visa yang sudah selesai 95 ribuan, sampai Jumat sore lalu sudah bertambah sekitar 17 ribuan. Hari Sabtu sore bahkan sudah bertambah 6 ribuan," ujar dia.

Hanya saja, pengurusan visa tersebut akan dilanjutkan Selasa, 18 Agustus, mengingat Senin 17 Agustus merupakan hari libur nasional.

Senada dengan Abdul Djamil, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag, Ahda Barori, mengaku optimis dengan proses penyelesaian pembuatan visa jamaah haji Indonesia. Menurutnya, proses pembuatan visa sudah tidak ada masalah karena paspor yang sudah masuk ke dokumen sudah disetujui semua.

“Jadi tinggal cetak visa. Hanya kemudian ketemu hari libur Sabtu, Minggu, dan Senin, sehingga cetak visanya baru bisa dilakukan kembali hari Selasa,” kata Ahda.

Terkait visa kloter awal, Ahda Barori mengatakan akan mengecek ulang untuk memastikan agar yang belum tercetak bisa diselesaikan pada Selasa atau Rabu depan. (one)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya