Terungkap, Alasan Elanto Nekat Jadi 'Portal' Dadakan

Pesepeda di Yogya hadang konvoi Moge
Pesepeda di Yogya hadang konvoi Moge
Sumber :
  • Facebook

VIVA.co.id - Media sosial di Tanah Air saat ini dihebohkan dengan aksi nekat seorang pemuda asal Yogyakarta, Elanto Wijoyono, yang menghadang sebuah konvoi motor gede (moge) saat hendak menghadiri acara Jogja Bike Rendezvous (JBR) ke-10.

Membawa sepeda miliknya, Elanto melakukan protes, karena menganggap konvoi yang dilakukan bersikap arogan dan tidak menaati peraturan lalu lintas. Dengan berdiri menghadang konvoi di simpang empat Ringroad Utara, Condongcatur, Sleman, 15 Agustus 2015 kemarin, aksi itu ternyata sudah direncanakan sebelumnya.

Baca juga: Klarifikasi Polisi Soal Berita Pemukulan Oleh Biker Harley

Saat VIVA.co.id menanyakan alasan utama Elanto melakukan aksinya tersebut, pria berusia 32 tahun itu menjelaskan, bahwa ada dua hal utama yang membuatnya nekat menghadang ribuan moge.

“Yang pertama itu patwal (patroli pengawalan). Seharusnya patwal melakukan pengawalan resmi kenegaraan. Walaupun pengawalan terhadap konvoi diperbolehkan, tapi saya menganggap hal tersebut tidak patut, karena tidak prioritas,” jelasnya, Minggu 16 Agustus 2015.

Selain itu, Elanto juga mengatakan bahwa alasan yang satu lagi adalah konvoi yang cenderung melanggar peraturan lalu lintas dan mengganggu ruang publik.

“Ketika ini bukan prioritas, seolah-olah itu penting dan dibutuhkan warga. Jadi seperti ada keistimewaan,” tambahnya.