Elanto: Konvoi Moge Tak Layak Dikawal Polisi

Pesepeda hadang konvoi Moge di Yogyakarta beberapa waktu lalu.
Sumber :
  • Twitter

VIVA.co.id - Pengguna sepeda yang menghadang konvoi motor gede di Yogyakarta, Elanto Wijoyono, menegaskan bahwa warga Yogya tidak membiarkan aksi arogan konvoi di jalanan. Apalagi konvoi motor gede (moge) pada Sabtu, 15 Agustus 2015, menurutnya sudah sangat melanggar rambu lalu lintas.

"Warga Yogya tidak akan tinggal diam dengan penyalahgunaan fasilitas negara dan pelanggaran lalu lintas," kata Elanto kepada tvOne, Minggu, 16 Agustus 2015.

Elanto pun menilai konvoi motor gede kemarin tidak layak dikawal oleh polisi dengan menggunakan voorijder.

Menutur pria Yogya tersebut, sesuai Undang-undang yang berlaku, konvoi yang berhak dikawal polisi yaitu pengawaan resmi pejabat atau tamu negara, konvoi darurat seperti pemadam atau konvoi untuk kepentingan publik.

"Apakah konvoi itu masuk dalam kategori prioritas enggak? Kalau enggak, warga berhak memberi respons atau melawan penyalahgunaan fasilitas negara. Konvoi moge kemarin itu bukan acara resmi negara, bukan darurat dan tak ada hubungannya dengan kepentingan publik," kata dia.

Elanto mengatakan, tiap tahun kota Yogya selalu didatangi oleh konvoi moge karena acara tersebut berupakan acara tahunan.  Sejauh ini, ia sudah mendapatkan laporan ada beberapa insiden lalu lintas yang melibatkan konvoi moge tersebut.

Bahkan ia bersama warga Yogya lainnya sudah berupaya mengadukan keluhan konvoi tersebut ke Polda DIY. Namun kepolisian daerah itu menurutnya mengecewakan. Berjanji akan mengatur, namun tidak ada langkah yang solutif.

"Secara normatif akan berikan perhatian, tapi tak ada langkah konkret sehingga hak pengguna lain dikorbankan," kata dia.

Disampaikan Elanto, di luar aksinya menghadang konvoi moge tersebut, ia dan warga Yogya lain juga resah dengan konvoi kendaraan jalanan lain misalnya konvoi mobil, konvoi parpol, maupun konvoi suporter.

"Konvoi itu pasti akan akibatkan kecenderungan pelanggaran lalu lintas," ucapnya.

Tips Naik Motor Gede Ala Si Cantik Nabila Putri
Gading Marten

Moge Spesial Gading Marten, Bikin Ingat Anak-Istri

Dia memodifikasi modenya dengan gaya bobber atau montok.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016