Menhub Belum Tahu Penyebab Trigana Air Hilang Kontak

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.
Sumber :
  • ANTARA/Sigid Kurniawan
VIVA.co.id
Cerita Bupati Detik-detik Ditemukannya Trigana Air
- Pencarian posisi pesawat Trigana Air yang hilang kontak dan diduga menabrak Gunung Tangok di Pegunungan Bintang akan dilanjutkan  besok pagi sekitar pukul 06.00 waktu setempat. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, mengatakan, pencarian awal pesawat dengan rute Jayapura-Oksibil akan dilakukan terlebih dahulu melalui jalur udara.

"Pencarian dari udara dahulu. Setelah diketahui titik lokasi jatuhnya pesawat, terus nanti akan dikoordinasikan apakah lewat darat atau udara," kata Jonan di gedung Kementerian Perhubungan, Minggu, 16 Agustus 2015.

Hanya Rp500 Juta Dana Sosial yang Selamat dari Trigana Air

Untuk proses evakuasi, Jonan juga memaparkan akan dilakukan setelah tim evakuasi mengetahui rute yang dilalui dan lokasi keberadaan hilangnya pesawat.

"Pencarian dari udara dahulu, nanti diketahui tergantung medan. Setelah diketahui titik lokasi hilangnya pesawat penumpang dan sebagainya, nanti diputuskan, apakah menggunakan upaya darat atau udara untuk evakuasi," ujar dia.

Pos Indonesia Janji Segera Ganti Dana PSKS yang Hilang

Untuk kemungkinan penyebab hilangnya kontak pesawat bahkan diduga menabrak, Jonan enggan berkomentar lebih banyak.

"Kita upayakan dahulu pencariannya. Untuk kemungkinan penyebabnya nanti biar KNKT (Komite Nasional Keselamatan Transportasi)," ucapnya.

Seperti diketahui, pesawat Trigana Air berjenis ATR-42/300 dengan nomor penerbangan IL-267 jurusan Jayapura-Oksibil hilang kontak pada pukul 14.55 WIT.

Pesawat itu membawa sebanyak 49 penumpang, terdiri dari 44 dewasa, tiga anak-anak, dan dua bayi. Pesawat dipiloti Kapten Hasanudin, kopilot Aryadin, mekanik Mario, serta pramugari Ika dan Dita.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya