Banyak Penumpang Trigana Air Tidak Ada di Manifes

Trigana Air hilang kontak
Sumber :
  • ANTARA/Lucky R.

VIVA.co.id - Penumpang pesawat Trigana Air jenis ATR 42 nomor registrasi PK-YRN dengan nomor penerbangan IL-267, rute Jayapura-Oksibil, yang menabrak gunung, Minggu 16 Agustus, sebagian besar diduga tidak sesuai dengan yang ada dalam daftar manifes.

Penantian Keluarga Mekanik Trigana Air

"Saya punya saudara bernama Terianus Salawala, ada di dalam pesawat Trigana Air yang mengalami kecelakaan, tapi namanya tidak tercantum di manifes," ujar anggota DPR Papua yang juga putra asli Pegunungan Bintang, Ignasius G Mimin, saat dikonfirmasi melalui telepon, Senin 17 Agustus 2015.

Lanjut mengatakan, kemungkinan saudaranya yang ada di dalam pesawat membeli tiket dari jalur tidak resmi.

Pilot Trigana Air Dimakamkan, Keluarga Berduka

"Mungkin dia beli tiket dari calo, atau ada pertukaran nama dengan orang lain," kata Ignasius, yang mengaku sedang menunggu proses evakuasi di Crisis Center Bandara Sentani, Jayapura.

Selain itu, lanjutnya, banyak penumpang Trigana Air yang mengalami kecelakaan, tidak sesuai dengan manifes yang sudah dirilis di media.

Data Penerbangan Ditemukan, Evakuasi Trigana Dihentikan

"Contohnya Petrus Tegeken, Ketua DPRD Pegunungan Bintang. Namanya ada di manifes, tapi orangnya sudah terbang pada penerbangan pertama," ungkapnya.

Menurut dia, pembelian tiket maskapai Trigana Air melalui calo  sudah berlangsung lama. "Beli tiket pesawat Trigana lewat calo sudah biasa terjadi, terutama sejak Pelita Air tidak lagi melayani rute Jayapura-Oksibil dan sebaliknya," jelasnya.

Saat terjadinya kecelakaan pesawat Trigana Air, cuaca dikabarkan sangat bersahabat. "Cuaca Okbave hari Minggu kemarin, sesuai laporan masyarakat di sana kepada saya, sangat baik dan terbuka, tidak berawan selama seharian penuh," ungkapnya.

Berikut daftar penumpang Trigana Air yang ada di manifes, namun batal berangkat, dan tempatnya digantikan dengan penumpang lain:

1. Yohanis Kiabra, digantikan Nelson Wayang.

2. Yunus Setamanggi digantikan Yana Uropka.

3. Hikmad Ardono digantikan Yance Wapdanon.

3. Yundriadi digantikan Kayus Kipka.

4.. Susilo digantikan Terianus Salawala.

5. Piter digantikan Eli Uropmabin.

6. Surya digantikan Timius Dupui.

7. Marusaha Sitorus digantikan Obhet Turukna.

8. Petrus Tekege digantikan Jhon Gasper.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya