Mendagri: Kawasan Perbatasan Punya Peran Strategis

Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan bahwa daerah-daerah di kawasan perbatasan memiliki peran strategis. Contohnya di Long Nawang, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara. Peran tersebut terkait banyak hal, salah satunya sebagai pintu gerbang lintas batas negara dan soal lainnya.

Baca juga:

"Tidak hanya sebagai pintu gerbang lintas batas negara. Tapi juga sebagai simpul utama transportasi penghubung wilayah sekitar serta sebagai pusat pertumbuhan ekonomi kawasan di perbatasan," kata Tjahjo di Desa Long Nawang, Kecamatan Kayan Hulu, Kabupaten Malinau, Provinsi Kalimantan Utara, pada Senin, 17 Agustus 2015.

Oleh karena itu, kata Tjahjo sebelumnya Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) telah menetapkan salah satunya adalah Kecamatan Kayan Hulu beserta 187 Kecamatan perbatasan lainnya, sebagai Lokasi Prioritas (Lokpri) yang harus ditangani secara khusus dan segera.

Kemendagri Sosialisasi PP Tentang Perangkat Daerah

"Bahkan, Long Nawang sebagai Ibukota Kecamatan Kayan Hulu oleh Presiden, melalui Perpres No.31 tahun 2015 Tentang Rencana Umum Tata Ruang Kawasan Perbatasan, telah ditetapkan  sebagai Pusat Kegiatan Strategis Nasional (PKSN)," paparnya.

Selain itu, penting bahwa seluruh program nasional dan daerah harus dilakukan secara gotong royong dan terintegrasi serta terarah. Hal itu untuk membangun kawasan PKSN seperti di Long Nawang dan pusat-pusat kawasan pengembangan ekonomi lain di sekitarnya.

Prioritas pembangunan pemerintah sendiri meliputi berbagai aspek seperti penetapan dan pemeliharaan batas wilayah negara, peningkatan fungsi pertahanan dan keamanan kawasan perbatasan, percepatan pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana transportasi untuk membuka keterisoliran kawasan.

Tak hanya itu, juga terkait percepatan peningkatan akses pelayanan pendidikan dan kesehatan, pengembangan perekonomian dengan memerhatikan pengelolaan sumber daya alam secara seimbang dan berkelanjutan serta percepatan penguatan kapasitas kelembagaan pembangunan kawasan perbatasan secara terintegrasi.

Namun demikian, di antara semua sasaran tersebut, percepatan pembangunan dan peningkatan sarana prasarana transportasi merupakan sasaran khusus atau prioritas dari BNPP yang telah diwujudkan dalam pembangunan jalan-jalan penghubung dan akan terus dilakukan.

"Contohnya seperti pembangunan jalan Long Nawang – Perbatasan Tapak Mega dan Pengembangan bandara Long Nawang sebagai bandara penghubung kawasan perbatasan," terang Mendagri.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Mendagri Tolak Jadi Ketua Pansel KPU

Alasannya agar nantinya pansel lebih bisa diterima masyarakat.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016