Tembus Lokasi Trigana Air, Tim Paskhas Buat Helipad

Trigana Air jenis ATR 42-300 mendarat darurat
Sumber :
  • Antara/ Susylo Asmalyah

VIVA.co.id - Empat orang dari tim SAR gabungan diturunkan ke lokasi jatuhnya pesawat Trigana Air jenis ATR 42 PK YRN dengan nomor penerbangan IL 267 di kawasan Oksibil, sebuah distrik di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua.

Kisah Tragis dan Mistis di Balik Evakuasi Tragedi Trigana

Tim gabungan itu terdiri dari dua personel Pasukan Khas (Paskhas) Angkatan Udara, satu personel Angkatan Darat dan satu personel dari Basarnas. Tim berhasil masuk lokasi setelah menyusuri jalan setapak, dan saat ini sedang mempersiapkan segala peralatan untuk proses evakuasi.

"Empat orang didrop di lokasi menggunakan helikopter. Mereka masuk setelah membuka alas (hutan) agar tim darat yang sudah menuju lokasi dapat terbantu. Mereka juga akan membuka helipad untuk mengevakuasi korban menggunakan heli," ujar Direktur Operasi Basarnas, SB Supriadi, kepada VIVA.co.id, Selasa 18 Agustus 2015.

Tim SAR merencanakan untuk mengevakuasi para korban pada Selasa, 18 Agustus 2015. Namun, proses itu bergantung pada kondisi cuaca di lokasi. Lagi pula, lokasi ditemukan pesawat itu cukup terpencil dan berada di kawasan pegunungan terjal sehingga tak mudah dijangkau.

Berdasarkan prakiraan cuaca yang dirilis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), cuaca di wilayah Oksibil diramalkan berawan pada hari ini. Suhu mencapai 14-25 derajat celsius. Sedangkan kecepatan angin mencapai 20 kilometer per jam. (one)

Cerita Bupati Detik-detik Ditemukannya Trigana Air
Ilustrasi pesawat Trigana Air

Ini 5 Maskapai Indonesia yang Sering Delay

Ada tiga faktor penyebab keterlambatan.

img_title
VIVA.co.id
2 Februari 2016