Menteri Agama Klaim Musim Haji Tahun Ini Lebih Efisien

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifudin (kanan).
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id - Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengklaim musim haji tahun ini lebih efisien dibanding tahun-tahun sebelumnya. Salah satu alasannya karena semua jemaah haji asal Indonesia diberangkatkan langsung ke Madinah, tak seperti tahun-tahun sebelumnya yang melalui Jeddah.
Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji

Menurut Menteri, rute itu meringkas jarak dan otomatis mengurangi ongkos transportasi dari Indonesia menuju Tanah Suci. Namun dia mengklaim juga bahwa efsiensi itu tak mengurangi fasilitas untuk para jemaah, bahkan lebih baik. Banyak fasilitas yang diperbaiki untuk menjamin kenyamanan dan kekhusyukan jemaah haji.
Tawaf dan Rahasianya

"Tahun ini pertama kali jemaah haji diberangkatkan langsung ke Madinah, sehingga itu lebih efisien,” katanya saat melepas jemaah haji rombongan atau kelompok terbang (kloter) pertama di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur, Jumat, 21 Agustus 2015.
Satu Jam di Masjid Nabawi

Dia mengingatkan kepada para jemaah calon haji tentang hakikat ibadah haji dan niat ke Tanah Suci. Puncak ibadah adalah wukuf di Arafah, dan karenanya tentu kloter pertama akan memiliki cukup waktu dibanding jemaah berikutnya.

“Saya ingatkan jangan memforsir diri,” katanya.

Selain itu, kata menteri, para jemaah calon haji harus lebih banyak bersabar dan ikhlas. Itu modal utama amat dan sangat pokok. Kewajiban pemerintah melayani mereka agar khidmat beribadah, dan itu telah dibuktikan dengan berbagai perbaikan atau penyempurnaan sistem pelayanan.

“Khusus bagi yang muda-muda yang biasa dengan internet, petugas kloter, dan lain-lain, senantiasa mengakses haji kita. Kita (Pemerintah) sudah punya aplikasi yang idealnya dibutuhkan jemaah haji. Aplikasi itu membuka link haji kita. Di link itu ada data terbaru terkait haji,” ujarnya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya