Guru Sekolah di Garut Tipu Seribu Calon PNS

Ilustrasi/Penggunaan komputer.
Sumber :
  • ANTARA/Eric Ireng

VIVA.co.id - HH, seorang guru di sebuah Sekolah Dasar di Garut Jawa Barat ditangkap Kepolisian Daerah Jawa Barat lantaran terbukti menipu lebih dari 1.000 orang.

Guru perempuan yang telah lama mengabdi sebagai Pegawai negeri Sipil ini diduga menjadi calo penerimaan PNS dengan total uang terkumpul senilai Rp9 miliar sejak tahun 2010.

Baca Juga:

Aksi penipuan HH dilakukan dengan rapi. Bersama sindikatnya, termasuk suaminya AA, ia tercatat telah menipu 1.005 orang dengan menjanjikan akan diangkat sebagai PNS.

Meski begitu sejauh ini Sekretariat Daerah Kabupaten Garut, mengaku belum menerima pemberitahuan kasus tersebut secara resmi dari kepolisian.

Cerita Hengky Kurniawan Jadi Korban Penipuan Rp1,5 Miliar

Baca Juga:

"Kalau informasinya memang benar ada guru yang ditangkap Polda jadi calo CPNS. Namun, pemberitahuan resmi ke kami belum ada," ujar Sekretaris Daerah Pemkab garut Iman Ali Rahman, Jumat 21 Agustus 2015.

Sebab itu, pihaknya belum bisa menerbitkan sanksi terhadap HH yang disebut sebagai otak dari penipuan ribuan orang tersebut.

"Kami menunggu surat resmi dari polisi. Kalau sudah ada nanti, baru bisa dijalankan ketentuan undang-undang tentang PNSnya," kata Iman.



Taufiq Hidayah/Jawa Barat

Ilustrasi PNS.

Menpan RB Masih Pertimbangkan Wacana Moratorium PNS

"Nanti kami kaji dulu datanya, analisa kebutuhanya, kami analisa."

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016