Tipu Korban Lewat Media Sosial, Polisi Gadungan Dibekuk

Ilustrasi/Tahanan kabur
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Petugas Satreskrim Polresta Bandar Lampung meringkus polisi gadungan berinisial AJ, karena terlibat berbagai kasus penipuan. Tersangka dibekuk di tempat kosnya, yang ada di Kelurahan Jagabaya, Sukabumi, Bandar Lampung.

Dalam aksinya, tersangka mengaku bertugas di Direktorat Reserse Polda Lampung. Ia menipu korban melalui Facebook dan BlackBerry Messenger (BBM).

Bermodal pakaian Polri dengan pangkat Aiptu, pria 35 tahun itu memerdayai korban. Di akun media sosial, ia menjaring korban dengan memasang foto berpakaian lengkap polisi, dan BBM dengan nama Abie.

Baca juga:

Modus tersangka beragam, di antaranya menjanjikan korban yang baru dikenal, bisa masuk kerja di beberapa tempat basah. Syaratnya, harus memberi uang.

Selain itu, AJ melakukan penipuan dengan modus berjualan barang elektronik. Namun, setelah korban mentransfer uang, tersangka menghapus kontak pertemanan.

Kapolresta Bandar Lampung, Kombespol Hari Nugroho, menegaskan, hasil pemeriksaan sementara, AJ menipu tiga orang dengan mengaku polisi. Namun, dalam penyelidikan, tersangka diduga kuat terlibat kasus penipuan dan penggelapan yang lain.

“Berdasarkan pemeriksaan tersangka, AJ telah menipu tiga orang dengan mengaku polisi. Korbannya Desy dan Riski, yang telah menstranfer uang, karena dijanjikan bisa masuk ke perusahaan yang ada di Bandar Lampung. Korban lain Bobby, mentransfer Rp2 juta karena ingin membeli iPod,” terang Hari.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut, kini AJ masih menjalani pemeriksaan intensif. Polisi juga terus melakukan pengembangan, karena diduga kuat tersangka banyak melakukan penipuan dengan modus mengaku polisi. (one)

Heboh Tukang Listrik Punya Senjata Api dan Ratusan Peluru

Laporan: Bayu Sulistyono / Lampung

Lima Kritikan Ini Sering Dilontarkan untuk Polisi

Kritikan ini sering muncul di akun media sosial milik polisi.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016