Uang Rp63 Triliun Akan Hangus Hanya untuk Narkoba di 2016

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Diusulkan Tiru Filipina Perangi Narkoba, Ini Respons DPR
- Menteri Sosial, Khofifah Inddar Parawansa memprediksi lebih dari Rp63 triliun akan hangus hanya untuk konsumsi narkoba di 2016. Angka ini akan terbukti benar jika tidak ada tindakan preventif secara produktif.

DPR: Kicauan Freddy Budiman Adalah Pintu Masuk

Hal ini dikarenakan, kata dia, di tahun 2015 saja tercatat belanja Narkoba di Indonesia sudah menembus angka Rp63 triliun. Oleh karena itu, untuk mencegah munculnya kerugian yang lebih banyak lagi, pemerintah harus bekerja sama dengan instansi terkait dan pihak lainnya.
TKI Bawa Narkoba dari Malaysia Dituntut 18 Tahun Penjara


"Itu jika kita tidak lakukan langkah-langkah preventif secara produktif. Tahun 2015 saja sudah tembus Rp63 triliun. Jadi di 2016 kita bisa bayangkan kalau tidak bergandengan tangan melakukan (aksi) preventif maka bisa lebih dari Rp63 triliun dibelanjakan untuk narkoba," kata Khofifah usai menghadiri acara Dzikir Nasional di Masjid Istiqlal, Jakarta, Sabtu 22 Agustus 2015.


Khofifah mengungkapkan, hingga saat ini tercatat ada 4,5 juta orang yang menjadi korban penyalahgunaan narkoba. Menurut Khofifah, tahun ini pemerintah menargetkan 100 ribu korban dapat direhabilitasi. Sementara pada 2016, target korban penyalahgunaan narkoba yang dapat direhabilitasi mencapai 200 ribu.


"Saat hari antinarkoba internasional 25 juni lalu, Presiden Jokowi targetkan 2016 itu mencapai 200 ribu korban penyalahgunaan narkoba bisa direhabilitasi secara medik atau sosial," ujar dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya