Kebakaran Hutan Gunung Merbabu Berhasil Dipadamkan

Gunung Merbabu
Sumber :

VIVA.co.id - Tim pemadam gabungan akhirnya berhasil memadamkan kobaran api yang membakar lahan di Gunung Merbabu, Jawa Tengah.

Kepala Pusat Data dan Informasi Humas dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya menyebutkan, kobaran api secara keseluruhan sudah dapat dipadamkan sekitar pukul 17.00 WIB.

"Ada sekitar 300 personel gabungan yang diterjunkan memadamkan api, dan akhirnya bisa kerja keras tim membuahkan hasil," kata Sutopo dalam siaran tertulis yang diterima VIVA.co.id, Sabtu 22 Agustus 2015.

Sutopo mengatakan, upaya pemadaman api di Gunung Merbabu bukan pekerjaan mudah, karena tim pemadam gabungan harus berjuang dengan peralatan seadanya.

"Titik api berada di lereng yang curam, tidak ada air dan dalam kondisi cuaca yang panas," ujarnya.

Dari catatan BNPB, total luasan lahan Gunung Merbabu yang ludes terbakar mencapai 130 hektare dengan rincian 90 hektare masuk ke dalam wilayah Kabupaten Magelang dan 40 hektare berada di wilayah Kabupaten Boyolali.

Tim gabungan yang terdiri atas personel BPBD Magelang, TNI, Polri, petugas TNGM, relawan, dan masyarakat.

Tim gabungan bekerja sejak pukul 08.00 WIB, mereka diberangkatkan dengan empat gelombang keberangkatan, dengan uraian, tiga rombongan diberangkatkan melalu Posko Suwanting dan satu rombongan diberangkatkan melalui Sobleman di Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang.

"Tim sudah memastikan tidak ada lagi bara api yang tersisa dan semoga tidak terjadi kebakaran," kata Sutopo.

Air Terjun Semuncar, Sang Perawan dari Lereng Merbabu

Kebakaran hebat melanda hutan di taman nasional Gunung Merbabu, Jawa Tengah. Api terus membakar hutan pinus dan padang ilalang hingga meluas di dekat perkampungan dua kabupaten, yakni Boyolali dan Magelang.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, awal kebakaran terjadi sejak Rabu, 19 Agustus 2015 pukul 13.42 WIB. Api terlihat di Desa Grintingan, Nglencoh, Boyolali.

Kemudian, titik api meluas di wilayah Dusun Denokan dan Bentrokan, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang pada pukul 16.45 WIB. (art)

Keindahan Gunung Merbabu Bak Alam Selandia Baru
Ilustrasi.

Aparat dan Napi Bentrok, Rutan Malabero Bengkulu Terbakar

Sekitar lima tahanan diduga tewas akibat kejadian ini.

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2016