ICW Ingatkan Pansel KPK Tetap Jaga Independensi

Tim Pansel KPK Umumkan 19 Calon Pimpinan KPK Lolos Seleksi Tahap Ketiga
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Lembaga Indonesia Corruption Watch (ICW) meminta panitia seleksi pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk tetap independen, terbebas dari tekanan pihak mana pun dalam menyeleksi calon pimpinan KPK. Nama yang diusulkan Pansel kepada Presiden harus telah terbukti integritas dan kualitasnya dalam memerangi korupsi.

Adanya temuan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) yang menyebutkan empat dari 19 calon pimpinan KPK dengan transaksi keuangan mencurigakan dan bermasalah, harus dijadikan rujukan bagi Pansel untuk memilih calon pimpinan KPK. Jika dibiarkan dan terpilih menjadi pimpinan KPK, dikawatirkan  akan mempengaruhi kinerja KPK dalam usaha pemberantasan korupsi.

"Nama yang diajukan ke Presiden harus memiliki integritas dan kualitas, Pansel harus independen," kata Koordinator Divisi Jaringan ICW, Abdullah Dahlan, dalam konsolidasi jaringan antikorupsi Jawa Timur di Malang, Minggu 23 Agustus 2015.

Sering Berseberangan dengan KPK, Kini Alex Jadi Pimpinan

Pansel, kata Abdullah, menentukan nasib KPK mendatang. Jika Pansel menghasilkan pimpinan KPK yang berintegritas maka KPK akan menjadi lembaga yang kuat dan dihormati dalam pemberantasan korupsi.

Menurut dia, Pansel KPK tak boleh memfavoritkan salah satu calon. Mereka diuntut untuk obyektif dalam melihat data, fakta dan berbagai informasi yang masuk dalam menyaring calon pimpinan, Tujuannya untuk menghasilkan pimpinan KPK yang berintegritas dan berkualitas.  Sehingga, proses yang dilakukan panitia seleksi sangat penting untuk menentukan nasib lembaga KPK mendatang.

"Kualitas KPK tergantung pimpinan KPK yang dihasilkan pimpinan KPK," ujar Abdullah.

Pansel KPK diminta tidak mengistimewakan profesi atau perwakilan kelompok tertentu. Pimpinan KPK juga tak harus dari unsur Kejaksaan dan Kepolisian. Namun rekam jejak dan integritas para calon pimpinan KPK harus ditelusuri secara mendalam.

Jokowi Ingin Segera Lantik Pimpinan Baru KPK

“Nama yang diajukan ke Presiden harus memiliki integritas dan kualitas," lanjut Abdullah.

Pansel menjadi penentu nasib KPK mendatang. Jika Pansel menghasilkan pimpinan KPK yang berintegritas maka KPK akan menjadi lembaga yang kuat dan dihormati dalam pemberantasan korupsi. (ren)

Alotnya Komisi III DPR Pilih 5 Pemimpin Baru KPK
pelantikan pimpinan kpk

PDIP: Pemimpin Baru KPK Sudah Selesai Urusan Pribadinya

Makanya PDIP memilih mereka.

img_title
VIVA.co.id
23 Desember 2015