Gunung Raung Mulai Stabil, Statusnya Diturunkan Jadi Waspada

Gunung Raung
Sumber :
  • ANTARA/Budi Candra Setya
VIVA.co.id - Status Gunung Raung ‎di Bondowoso, Jawa Timur, diturunkan dari siaga (level III) menjadi waspada (level II). Penurunan status itu berlaku sejak pukul 15.00 WIB, Senin, 24 Agustus 2015. 
BNPB Deteksi Peningkatan 151 Hotspot Kebakaran Hutan

"Penurunan status dilakukan setelah melalui evaluasi dan pemantauan, kondisi Gunung Raung, yang dianggap stabil dan menurun kondisinya. Baik kegempaan, deformasi, dan visual," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, melalui keterangan tertulis kepada VIVA.co.id, Senin, 24 Agustus 2015.
Satu Keluarga Terpisah dan 24 Ribu Jiwa Terdampar

Penurunan status Gunung Raung diotorisasi Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi yang kepada kemudian diteruskan kepada BNPB.
BNPB: Tak Ada Korban Jiwa Akibat Gempa Mentawai

Meski status sudah diturunkan, masyarakat diimbau tidak melakukan aktivitas mendekati gunung pada radius dua kilometer dari pusat kawah karena dapat membahayakan keselamatan.

Tindakan yang diperlukan pada status waspada adalah sosialisasi, penilaian bahaya, pengecekan sarana dan pelaksanaan piket terbatas. Masyarakat diimbau tetap tenang.

Sebelumnya, Gunung Raung berstatus Siaga sejak 29 Juni 2015 karena peningkatan aktivitas vulkanik. Bahkan, erupsi strombolian dari kawah Gunung Raung telah menyebabkan sejumlah bandara di Jawa Timur dan Bali ditutup beberapa kali. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya