Kena Serangan Jantung, Mbah Suparti Meninggal di Madinah

Paspor Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Umarul Faruq

VIVA.co.id - Seorang jamaah haji asal Pacitan, Jawa Timur, meninggal dunia di Tanah Suci akibat terkena serangan jatung. Jamaah bernama Suparti binti Kasan Somin Kromoharjo (70), meninggal saat berada di pondokan.

Menurut penjelasan Kepala Daerah Kerja Bandara Jeddah-Madinah Nurul Badruttamam, Suparti tiba di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Azis (AMAA) Madinah pada Senin, 24 Agustus 2015, sekitar pukul 03.05 WAS.

"Mulanya tampak sehat dan bersama rombongan lainnya diberangkatkan ke Hotel Mawaddah Shofwat, Madinah," ujar Nurul Badruttamam seperti dikutip dari Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama RI.

Suparti menjadi jamaah haji asal Tanah Air yang pertama meninggal dunia pada musim haji tahun ini. Dia tergabung dalam kelompok terbang SUB 4 dengan nomor penerbangan SV 5707.

Dalam surat kematian yang ditandatangani dokter Kloter SUB 4 dr Fajar Dian Rachmawati, penyebab kematian Suparti akibat hilangnya fungsi jantung secara mendadak (cardiac arrest).

Dalam surat kematiannya, Suparti disebutkan memiliki penyakit diabetes melitus dan hipertensi. Sebelum dinyatakan meninggal, sudah dilakkan pertolongan pertama kepada Suparti. Namun nyawa pemegang paspor B 1024968 tersebut tidak tertolong.

Ditambahkan Nurul Badruttamam, jenazah Suparti sudah dibawa ke Rumah Sakit Arab Saudi (RSAS) untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut sesuai peraturan perhajian Arab Saudi.

Tawaf dan Rahasianya
Anggota Komisi VIII Desy Ratnasari

Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji

Uang itu tak boleh digunakan sembarangan.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2017