Soal Visa Haji Reguler Tinggal 175, Haji Khusus Belum Keluar

Keberangkatan Haji Embarkasi Padang
Sumber :
  • ANTARA/Iggoy

VIVA.co.id - Kementerian Agama memastikan permasalah visa bagi jamaah haji reguler akan segera diselesaikan. Setelah proses hari ini, visa haji yang belum selesai hanya tinggal 175 visa.

Dirjen Penyelenggara Haji dan Umroh, Kementerian Agama, Abdul Jamil mengatakan, dalam satu hari petugas dapat menyelesaikan hingga 500 visa jamaah haji yang tertunda keberangkatannya.

"Tahapan penyelesaian kan tidak sekali, butuh proses, ditargetkan secepatnya selesai," kata Jamil di Kantor Kemenag, Kamis, 27 Agustus 2015.

Sementara untuk haji khusus, meski belum ada satu pun yang keluar tapi proses penyelesaian visanya sudah sesuai rencana. Karenanya, tidak perlu ada kekhawatiran soal visa haji khusus yang terkendala seperti haji reguler.

"Sudah memperoleh persetujuan, tinggal menunggu penerbitan visa," katanya.

Jamil juga menegaskan, haji khusus akan diberangkatkan sesuai rencana awal. Yakni, mulai berangkat tanggal 31 Agustus 2015. "Mudah-mudahan sebelum berangkat semuanya selesai (visanya)," kata Jamil.

Sebelumnya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan persoalan visa yang belum selesai sehingga banyak jamaah yang tertunda keberangkatannya adalah semata-mata karena persoalan teknis di dalam penginputan data jamaah haji.

Menag mengatakan, persoalan visa ini hanyalah persoalan administratif dan Menag mengimbau agar semua jamaah tetap tenang karena tidak ada jamaah yang batal diberangkatkan kendati tidak mengikuti kloter yang ditetapkan dari awal.

Calon Haji Asal Madura Nekat Bawa Jamu Kuat Lelaki
Jemaah haji dari Embarkasi Surabaya

Keberangkatan Ditunda, Dua Calon Haji Tunggu Putusan Hakim

Dua calon haji asal Pamekasan harus menunggu putusan pengadilan.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016