4.636 Jemaah Haji Indonesia Sudah Kumpul di Makkah

Haji kloter Makassar
Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

VIVA.co.id - Hujan kembali mengguyur Tanah Haram pada Minggu petang, 30 Agustus 2015, ketika jemaah haji asal Indonesia yang tergabung dalam kelompok terbang JKS (Jakarta-Bekasi) 01 tiba di Makkah.

Ini merupakan hujan yang keempat saat musim haji tahun ini. Namun hujan dengan intensitas sedang hanya berlangsung sebentar saja.

Hari Ini 15 Kloter Jemaah Berangkat ke Tanah Suci

Meski begitu, ini sangat membantu jamaah haji Indonesia saat melaksanakan umrah. Cuaca terasa lebih sejuk. Padahal pada siang hari, cuaca di Makkah terasa panas dengan suhu maksimal mencapai 44 derajat celcius.

4.636 Jemaah Indonesia Tiba di Makkah

Berdasarkan informasi dari Media Center Haji (MCH) Kementerian Agama RI, sebanyak 2.465 jemaah haji Indonesia tiba di Kota Makkah pada Minggu 30 Agustus 2015, sekitar pukul 22.00 waktu Arab Saudi. Hingga Minggu sebanyak 4.636 jemaah yang tergabung dari 12 kloter sudah berada di Makkah.

Mereka bakal ditempatkan di Sektor 5, 6, 7, 9, dan 1. Rombongan jemaah ini akan melakukan umrah qudum atau kedatangan setelah semua jamaah di masing-masing kloter berkumpul.

Seperti diketahui, Indonesia memberangkatkan 155.200 jemaah haji reguler ke Arab Saudi. Mereka dibagi dalam 375 kloter yang diberangkatkan dari tiga belas embarkasi.

Saat ini sebagian jemaah masih berada di Madinah untuk melakukan ibadah arbain, yaitu salat wajib 40 waktu berturut-turut. Sebagian lainnya masih berada di Tanah Air.

Pemberangkatan gelombang pertama dengan tujuan Madinah akan berlangsung hingga 2 September 2015. Pemberangkatan gelombang kedua dengan tujuan Jeddah akan dilakukan ‎mulai 4 September hingga 17 September 2015. (ase)

Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita
Jemaah berziarah ke makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi

Satu Jam di Masjid Nabawi

Di dalam masjid ini terdapat makam Rasulullah dan sahabatnya.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016