Calon Jemaah Haji Indonesia Berburu Batu Akik di Jabal Uhud

Makam syuhada di lembah Jabal Uhud
Sumber :
  • VIVAnews/Umi Kalsum

VIVA.co.id - Di sela-sela waktu menjalankan ibadah Arbain di Majid Nabawi, jemaah haji asal Indonesia berkesempataan melakukan ziarah ke tempat-tempat bersejarah di wilayah Madinah.

Berdasarkan informasi Media Center Haji Kementerian Agama, Selasa 1 September 2015, satu di antara tempat yang banyak dikunjungi jemaah adalah Jabal Uhud.

Hari Ini 15 Kloter Jemaah Berangkat ke Tanah Suci

Jabal Uhud adalah tempat bersejarah terjadinya peperangan besar antara pejuang Islam dan kaum kafir Quraisy pada 15 Syawal 3 Hijriyah (Maret 625 Masehi), yang menyebabkan 70 pejuang Islam mati syahid.

Di bawah Jabal Uhud, terdapat ratusan pedagang yang menyediakan oleh-oleh khas musim haji, seperti kurma sajadah dan lainnya.

Uniknya, demam batu akik yang tengah melanda Tanah Air, juga ternyata menular ke Kota Madinah. Sejumlah pedagang batu akik pun berjajar menjajakan dagangannya di tempat tersebut.

Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita

Dari beberapa penjual batu akik yang ada di areal parkir Jabal Uhud, sejumlah pembeli yang merupakan jemaah asal Tanah Air, berkerumun dan membeli batu akik sebagai oleh-oleh.

Abu Abdullah seorang pedagang batu akik ditempat tersebut menjelaskan, batu yang dijajakan terdiri dari berbagai macam batu yang didatangkan dari India dan dari Arab Saudi.

"Harganya untuk batu dari India dihargai 5 riyal, bila beli dua diberi bonus satu," kata dia. (asp)

Jemaah berziarah ke makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi

Satu Jam di Masjid Nabawi

Di dalam masjid ini terdapat makam Rasulullah dan sahabatnya.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016