Polri Terjunkan Tim Penyidik Usut Kabut Asap Sumatera

Kabut Asap
Sumber :
  • ANTARA/Untung Setiawan
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Usai dilantik sebagai kepala Badan Reserse Kriminal Polri, Komisaris Jenderal Polisi Anang Iskandar menyatakan siap mengusut kasus kabut asap yang tengah melanda sejumlah wilayah di Sumatera.

DPR Pertanyakan SP3 atas Perusahaan Tersangka Pembakar Hutan

Bahkan, Anang mengaku sudah menerjunkan tim penyidik Bareskrim Polri yang dipimpin seorang brigadir jenderal polisi ke Sumatera, untuk menyelidiki dugaan pelanggaran tindak pidana dalam bencana kabut asap.
Zumi Zola Berikan Eskavator Tiap Kecamatan di Jambi


"Penyelidikan ini untuk mencari (penyebabnya), kalau bisa mencari tersangkanya. Karena ini adalah langkah serius dengan mengirim brigadir jenderal, karena kita memang serius untuk mengungkap masalah ini," kata Anang dalam perbincangan bersama
tvOne
, Senin malam, 7 September 2015.


Anang mengatakan, penyelidikan kasus ini sesuai dengan arahan Kapolri Jenderal Badrodin Haiti, untuk melakukan penegakan hukum dalam kasus bencana kabut asap ini. Tim ini, dia menambahkan, merupakan tindak lanjut dari arahan kapolri tersebut.


"Harus kita hentikan. Kalau tidak nanti terjadi lagi. Saya pernah jadi kapolda di Sumatera, itu setiap tahun kayaknya kebakaran ini terjadi terus-menerus. Ini diselidiki, kalau ketemu kita sidik, bawa ke pengadilan," ucapnya.


Mantan kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) ini juga siap melakukan upaya pencegahan terhadap penyebab bencana kabut asap yang melanda Sumatera. Namun, menurut dia, upaya pencegahan itu harus melibatkan semua elemen, yakni kementerian, pemerintah daerah, LSM dan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya