Kekeringan, Ratusan Monyet Liar Serbu Rumah Warga

Monyet liar turun gunung akibat kekeringan
Sumber :
  • VIVA/Ayatullah
VIVA.co.id
'Ritual' Berburu Air di Desa Ini Menyedihkan
- Warga Kampung Sibanteng, Desa Sibanteng, Kecamatan Ciampea, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, diresahkan dengan keberadaan ratusan monyet liar yang berasal dari Gunung Cibodas, Kecamatan Ciampea.

Pikat Pasangan, Monyet Ini Merahkan Bibirnya

Ratusan monyet liar ini turun ke rumah warga karena kemarau yang berkepanjangan, mengakibatkan kesusahan mencari makanan dan minuman.
Ini Dampak Perubahan Iklim pada 690 Juta Anak di Dunia


Elita (40), warga setempat, mengaku turunnya monyet liar ke rumah warga ini sangat meresahkan. Karena monyet-monyet tersebut masuk ke dalam rumah warga dan mengambil makanan di dalam rumah.


"Kera juga merusak peralatan rumah tangga," kata Elita kepada
VIVA.co.id
saat ditemui di lokasi, Senin, 7 September 2015.


Keberadaan ratusan monyet liar itu juga dikhawatirkan akan menggigit anak kecil yang bisa mengakibatkan rabies. Elita menuturkan, kawanan monyet liar itu mulai turun gunung ke rumah warga sekira pukul 14.00 WIB, hingga sore hari.


Hal senada diungkapkan, Sarjiman (60), penjaga toilet di Pasar Ciampea Indah. Menurut dia, monyet-monyet liar ini bukan hanya menyerbu rumah warga, tapi juga Pasar Ciampea, yang jaraknya hanya 500 meter dari Gunung Cibodas.


"Dulu memang sempat ada gangguan kera hutan, tapi biasanya dalam jumlah kecil. Tapi, kali para kera datang dalam jumlah besar sampai ratusan," tuturnya.


Pasar Ciampea merupakan yang terparah mengalami gangguan monyet. Hampir seluruh areal pasar yang mayoritas penjual sayur dan buah dicuri akibat serbuan kawanan monyet liar itu.


Sejumlah warga meyakini gangguan terjadi akibat kerusakan habitat monyet di kawasan hutan Cibodas maupun pegunungan sekitarnya, karena musim kemarau yang berkepanjangan.


Sejauh ini, kawanan monyet hanya mencuri buah dan sayuran di lapak pedagang. Bahkan, ada beberapa kawanan monyet yang masuk ke dalam dapur warga sekitar pasar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya