Menteri Yuddy Ajak PNS Profesional Layani Masyarakat

Pencanangan zona integritas.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Mohammad Nadlir
VIVA.co.id
Harapan Tinggi Jokowi pada Lulusan IPDN
- Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Yuddy Chrisnandi menyatakan pencanangan zona integritas penting bagi revolusi mental. 

KemenPAN Kaji Pembubaran BOPI dan BSANK

"Kalau sudah dicanangkan, artinya itu pemerintah di bawah naungan Kemendagri; pemerintah provinsi, kabupaten/kota bahkan ke tingkat terbawah desa harus melaksanakan," kata Yudi dalam acara Pencanangan pembangunan zona integritas di lingkungan Kemendagri, di gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri, Senin 14 September 2015.
Kemenpora Keberatan BOPI Dibubarkan


Yuddy berharap, pencanangan zona integritas menjadi langkah maju guna membangun birokrasi yang profesional.


"Paling penting bagaimana melayani masyarakat, bagaimana mengubah
mindset
aparatur negara agar lebih total lagi dalam melayani masyarakat," katanya.


Perubahan pola pikir sudah sepatutnya diawali oleh para pemimpin di pemerintahan. Sebab, pemimpin wajib menjadi suri tauladan bawahannya.


"Mudah-mudahan di bawah pimpinan kemendagri, gubernur, bupati/wali kota, punya loyalitas tugas yang sama. Seluruh kepala pemerintahan harus mampu menciptakan tata kota Pemerintahan yang baik," ungkapnya.


Yuddy optimistis komitmen zona integritas dapat meningkatkan pelayanan publik. Zona tersebut bahkan diharapkan mampu mengurangi penyalahgunaan wewenang dan menghapus tindakan korupsi demi mewujudkan tata pemerintahan yang melayani.


"Kita telah berhijrah dari
mindset
birokrasi priyayi beralih ke
mindset
birokrasi masyarakat," ujarnya.


Pemerintah pun menargetkan dalam empat tahun ke depan, Indonesia bisa memiliki aparatur negara yang disiplin dan melayani masyarakat dengan baik.


"Pencanangan zona integritas ini adalah bukti nyata dan aba-aba untuk melaksanakan pemerintahan yang baik. Kami punya kedekatan dengan Kemendagri, semoga ini bisa ditingkatkan."



Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya