Kabut Asap Belum Reda, TNI Kembali Kirim Seribu Prajurit

Seribu Pasukan TNI Bantu Pemadaman Kebakaran Hutan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ahmad Rizaluddin

VIVA.co.id - Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo kembali memberangkatkan 1059 personelnya untuk mengatasi bencana kabut asap yang terjadi di Riau dan Ogan Komering Ilir (OKI).

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau

Pasukan yang diterbangkan ke Riau terdiri dari Kostrad dan Marinir. Para pasukan ini diberangkatkan menggunakan satu pesawat Hercules dan 3 pesawat CN 295

"Sebagaimana perintah Presiden tadi malam pukul 21.00 WIB, memerintahkan TNI untuk berangkat ke Riau untuk membantu ditempat pemadaman api. Hari ini saya lakukan upacara untuk pengecekan pasukan yang akan dikirim ke sana," kata Gatot di Lanud Halim Perdana Kusuma, Selasa, 15 September 2015

Gatot mengatakan, tugas utama prajurit TNI di sana, selain memadamkan api juga harus menghilangkan asap. Dia berharap bencana kabut asap dapat dihilangkan secepat mungkin.

"Berapa lama di sana, tergantung kondisinya. Semoga begitu kami sampai ke sana besoknya bisa pulang lagi. Diharapkan secepatnya selesai, begitu asap hilang kami selesai," ujar Gatot.

Menurut Gatot, wilayah yang akan menjadi titik fokus pemadaman api dan kabut asap adalah di Riau dan juga Ogan Komering Ilir (OKI). Karena daerah tersebut merupakan lahan gambut yang merupakan sumber dari kabut asap di wilayah Sumatera.

"Situasi daerah di sana merupakan area gambut. Jadi meski api di atas sudah padam, tapi asap tetap keluar, itu yang jadi permasalahan di sana," tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi juga sudah mengerahkan ribuan personel TNI-Polri ke Pekanbaru, Riau untuk mengatasi kabut asap.

Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru menyebutkan satelit Terra dan Aqua memantau 151 titik panas di Sumatera, yang menyebabkan sebagian wilayah Sumatera diselimuti kabut asap. (ase)

Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Di sejumlah wilayah Sumatera kini mulai terjadi kebakaran hutan lagi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016