Jemaah Haji Hilang Sejak Tragedi Crane Jatuh di Mekkah

penyebab crane jatuh
Sumber :
  • express.co

VIVA.co.id - Hingga saat ini, dikabarkan masih terdapat sejumlah jemaah haji asal Indonesia yang hilang misterius di musibah jatuhnya crane di Masjidil Haram di Kota Mekah, Arab Saudi.

Salah satu jemaah haji yang dikabarkan hilang adalah seorang jemaah haji asal Kabupaten Padang Lawas, Sumatera Utara.

Jemaah haji itu bernama Janniro binti Gadumbang. Kabarnya hilangnya Janniro itu diketahui setelah keluarga melaporkannya ke ketua komisi VIII DPR RI, Saleh Daulay.

Saleh mengatakan, Janniro merupakan jemaah haji dari kloter 9 embarkasi Kualanamu Medan, Sumut.

"Saya telah menympaikan informasi ini kepada PPIH daker Mekkah. Saya juga melaporkan hal itu langsung kepada menteri agama. Mereka berjanji akan berupaya semaksimal mungkin untuk mencari jamaah tersebut," kata Saleh kepada VIVA.co.id, Selasa 15 September 2015.



Saleh mengatakan, tak ada seorang pun yang mengetahui nasib Janniro saat ini. Yang pasti, ia belum juga kembali ke pemondokannya di Mekkah.

Saleh menyebutkan, berdasarkan informasi yang dihimpun Komisi VIII DPR RI, saat ini di salah satu rumah sakit di Mekkah masih ada sekitar 2-4 lemari es yang diduga sebagai warga Indonesia.

Namun karena kesulitan mengenali wajah dan tidak ada identitas yang melekat,  jemaah tersebut belum bisa diidentifikasi. Proses identifikasi itulah yang sangat perlu dilakukan Kementerian Agama.

Menurut Saleh, sore ini pihaknya akan bertolak ke Mekkah dan langsung melakukan rapat koordinasi sekaligus mendengar laporan dari PPIH daker Mekkah.

"Kami juga sudah mengagendakan akan mengunjungi rumah-rumah sakit tempat jamaah kita dirawat, kemarin ada juga jamaah yang hilang dari embarkasi Makassar. Setelah dikoordinasikan dengan pihak PPIH, jamaah tersebut ditemukan telah wafat. Kalau tidak salah ingat, jemaah yang ditemukan itu bernama Darwis" ujarnya.

Menag: Santunan Korban Crane Masjidil Haram Segera Cair

Bangunan ka'bah.

Keluarga Korban Crane Menanti Janji Arab Saudi

Kloter satu jemaah haji mau berangkat, janji Raja Saudi belum lunas

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016