Padamkan Api, Besok BNPB Tambah 400 Brimob Jakarta

Kebakaran lahan di Ogan Ilir
Sumber :
  • ANTARA/Nova Wahyudi
VIVA.co.id
BNPB Deteksi Peningkatan 151 Hotspot Kebakaran Hutan
- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) segera mengirim 400 personel Brimob ke wilayah Sumatera Selatan dan Jambi. Ratusan bala bantuan itu akan dikerahkan Rabu, 16 September 2015. Sebanyak 200 bantuan lain akan diterjunkan melalui kepolisian daerah setempat.

Satu Keluarga Terpisah dan 24 Ribu Jiwa Terdampar

"100 personel Brimob dari Polda Kalsel dikirim ke Kalteng, dan 100 personel Brimob dari Polda Sumut digerakkan ke Riau," ujar Kepala Pusat Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 15 September 2015.
BNPB: Tak Ada Korban Jiwa Akibat Gempa Mentawai


Sehingga, kata Sutopo, total bala bantuan dari TNI dan Polri mencapai 2.909 personel. Mereka akan bergabung dengan satgas operasional BNPB mengatasi kebakaran hutan dan lahan.


Pelibatan TNI dan Polri dalam mengatasi permasalahan kabut asap bukanlah kali pertama. Pengalaman serupa juga telah terjadi di tahun-tahun sebelumnya.


"Tahun 2013 sebanyak 1.800 personel TNI dan Polri diterjunkan mengatasi kebakaran hutan dan lahan di Riau. Sedangkan tahun 2014 sebanyak 2.725 personil TNI/Polri," kata Sutopo.


Ribuan personel TNI dan Polri akan bergabung dengan tim dari BPBD setempat, manggala agni, masyarakat peduli api (MPA), dan khalayak luas. Khusus TNI dan Polri ada tugas tambahan yang akan menjadi tanggung jawab mereka.


"Setelah padam, TNI dan Polri akan menjaga wilayah tersebut agar tidak dibakar lagi dengan melakukan patroli, penegakan hukum, dan sosialisasi," katanya menambahkan.


Pada penanganan kebakaran hutan dan lahan tahun ini, BNPB meminta tambahan empat helikopter
water bombing
sehingga berjumlah 17 unit. Belasan unit helikopter tersebut tiga ditempatkan di Riau, Sumatera Selatan empat unit, Jambi tiga unit, dua unit di Kalimantan Barat, dan lima di Kalimantan (Kalimantan Tengah tiga, Kalimantan Selatan satu dan Kalimantan Timur satu unit).


"Hujan buatan juga diperluas dengan menambah satu pesawat CN 295 di Kalteng. Total ada empat pesawat untuk operasi hujan buatan yaitu di Riau, Sumsel, Kalbar dan Kalteng."


Hari ini, 1.250 personel TNI dan Polri diturunkan untuk ikut membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan. Sebanyak 1.059 personel TNI dan Polri bahkan sudah dikirim sebelumnya, yakni pada Jumat, 11 September 2015.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya