Pemerintah Janji Tindak Tegas Pelaku Pembakaran Hutan

Upaya Pemadaman Kebakaran Lahan di Sumatera Selatan
Sumber :
  • REUTERS/YT Haryono

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan menyatakan, pemerintah tidak akan main-main dalam menindak pelaku pembakar lahan dan hutan di Sumatera dan Kalimantan.

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau

Ia menegaskan, sikap tegas itu akan diambil karena kebakaran hutan di wilayah Sumatera dan Kalimantan telah kritis. Bukan hanya kerusakan lingkungan, tapi juga mengancam kesehatan masyarakat.

"Ini perintah Presiden, perintah atasan, ada TNI dan Polri di sana, yang akanĀ  mengeksekusi. Jadi jangan ada keraguan menindak pelaku pemilik perkebunan yang di tempatnya ada titik api dan kebakaran. Ini masalah harga diri negara, Rp1,5 miliar denda itu juga terlalu kecil," katanya dalam Rapat Satgas Pengendalian Nasional Operasi Darurat Penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Selasa, 15 September 2015.

Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat

Rapat ini melibatkan Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan (KLHK), Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), TNI, Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) dan perwakilan Kementerian Kesehatan.

Rapat ini juga dihadiri sejumlah pimpinan daerah yang lahannya terdampak kebakaran dan kabut asap, antara lain Gubernur Riau, Kalimantan Tengah, Sulawesi Selatan, Jambi, Kalimantan Barat dan Kalimantan Selatan.

1,7 Juta Orang Indonesia Terdampak Bencana dalam Enam Bulan

(mus)

Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Di sejumlah wilayah Sumatera kini mulai terjadi kebakaran hutan lagi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016