Ini Sanksi Berat Pelaku Pernikahan Sejenis di Pulau Dewata

Bedugul, Denpasar, Bali
Sumber :
VIVA.co.id
Gagal Nikah Sesama Jenis, Andi Fokus Menari dan Ngojek Motor
- Pulau Bali diguncang isu tak mengenakkan, terkait adanya gelaran pernikahan sejenis yang dihelat di salah satu hotel mewah di kawasan Ubud, Gianyar.

Andi Pasrah Gagal Nikah dengan Kekasih Prianya

Gelaran pernikahan sejenis itu, mendapatkan tanggapan serius. Majelis Utama Desa Pakraman (MUDP) bahkan telah membentuk tim untuk mengusut pernikahan sejenis itu.
Polda Bali Segera Periksa WO Pernikahan Sejenis


Ketua MUDP Bali, Jero Gede Suwena Putus Upadesha menuturkan, tim langsung dibentuk begitu informasi ini mencuat ke permukaan. "Kami telah membentuk tim khusus untuk mencari kebenaran kabar pernikahan sejenis tersebut," kata Suwena, Rabu 16 September 2015.


Suwena menjelaskan, tim yang dibentuk itu, bertugas menelusuri di mana tepatnya lokasi pernikahan itu digelar.


Menurut dia, secara tegas, agama Hindu melarang pernikahan sejenis tersebut. Dalam hukum dan undang-undang perkawinan, pernikahan sejenis itu juga tak dibenarkan. Jika terbukti, nantinya sanksi hukum pernikahan sejenis di Bali itu dikembalikan kepada desa adat setempat.


"Untuk melakukan pembersihan, maka sanksinya harus melakukan upacara adat ke seluruh Pura yang dianggap penting untuk memenuhi unsur pembersihan," kata Suwena.


Suwena mengecam keras pernikahan sejenis. Untuk itu, ia mengimbau kepada semua pihak untuk menjaga Pulau Bali. Bukan sebaliknya, mencoreng citra Pulau Dewata dengan tindakan yang tidak dibenarkan agama, hukum, dan norma sosial.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya