Saat Puncak Haji Suhu Udara Bisa Lebih dari 50 Derajat

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, cek kesiapan puncak haji
Sumber :
  • Kemenag RI

VIVA.co.id - Menteri Agama Lukman Hakim Saifudin bersama naib dan anggota Amirul Hajj melakukan peninjauan langsung ke Ararah dan Mina. Peninjauan juga didampingi ketua dan jajaran pimpinan Muassasah Asia Tenggara. Kunjungan dilakukan dalam rangka mengecek persiapan puncak haji.

“Alhamdulillah beberapa perbaikan peningkatan kualitas pelayanan haji kita saksikan bersama," ujar Menteri Lukman seperti dikutip dari Media Center Haji (MCH), Kamis 17 September 2015.

Lukman menjelaskan, perbaikan itu antara lain tentang pengadaan karpet yang jauh lebih baik dibanding tahun lalu. Kalau tahun lalu kondisinya lusuh, berdebu, dan tipis dalam bentuk hambal. Tahun ini relatif lebih bersih, lebih tebal.

"Mudah-mudahan ini memberikan kenyamanan bagi jamaah haji,” ujar Menteri.

Termasuk peningkatan layanan Arafah adalah penyediaan penyejuk ruangan (AC). Menag berharap keberadaan penyejuk ruangan itu nantinya akan membantu para jamaah haji Indonesia, khususnya lansia.

Hari Ini 15 Kloter Jemaah Berangkat ke Tanah Suci

Diperkirakan suhu udara di Arafah akan sangat panas pada puncak haji pada Rabu, 23 September 2015 nanti.

"Karena suhu Arafah nanti diperkirakan lebih dari 50 derajat celcius," ujar Menteri.

Selain itu, rombongan Menag juga melihat kesiapan dapur, bagaimana distribusi makanan selama di Arafah.

Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita

Terlihat juga adanya peningkatan, di Arafah lantai setiap dapur sudah dilapisi keramik. Tidak seperti tahun lalu yang berupa tanah atau pasir. Tinjauan juga dilakukan rombongan Amirul Hajj ke Mina. Ini untuk mengecek langsung tenda, toilet, dan dapur.

"Alhamdulillah membaik keadaannya dibanding tahun lalu. Mudah-mudahan jamaah tidak mendapat kendala berarti selama di Arafah," kata Menag. (ase)

Jemaah berziarah ke makam Rasulullah SAW di Masjid Nabawi

Satu Jam di Masjid Nabawi

Di dalam masjid ini terdapat makam Rasulullah dan sahabatnya.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016