Kebakaran Hutan Gunung Dempo Meluas

Ilustrasi/Aktivitas pemadaman Kebakaran Hutan di Jambi
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro

VIVA.co.id - Bencana , Kota Pagar Alam Sumatera Selatan meluas. Diperkirakan hingga kini, titik api kan terus merambah hingga ke lembah dengan kedalaman 400 meter.

"Titik api muncul di ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut. Sebagian kawasan hutan sudah hangus terbakar, kini titik api merambah ke lembah," ujar seorang petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kusmi saat meninjau lokasi kebakaran, Kamis 17 September 2015.

Satelit Lapan Deteksi 232 Hotspot Jelang Puncak Kemarau

[Baca Juga: ]

Sebab itu, guna mencegah luasan bertambah. BPBD setempat berencana akan meminta bantuan pemadaman dari udara. "Kami akan minta bantuan dua helikopter. Sebab sangat sulit dijangkau tim," ujarnya.

Kebakaran hutan di gunung yang memiliki ketinggian 3.159 Mdpl ini sudah terjadi sejak Selasa petang 15 September 2015. Hingga kini titik api masih terus menjalar.

Titik Api Meningkat

Jelang Puncak Kemarau,Titik Api di Sumatera Meningkat

Di Kalimantan Utara, jumlah titik api juga terus mengalami peningkatan. Catatan Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika Banjarbaru dalam sehari jumlah titik api di wilayah itu menembus 350 titik api.

[Baca Juga: ]

"Penyebaran titik api makin mengkhawatirkan. Kini bahkan sudah mengarah ke Kalimantan Selatan. Jadi kami imbau agar masyarakat waspada," kata Ibnu Sulistyono, Kepala BMKG di Bandara Syamsudin Noor Banjar Baru.

Irwansyah/Yedi Sulistiadi

Waspada DBD, Nyamuk Tak Mempan Lagi Fogging
Kebakaran hutan dan lahan di Indonesia

Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?

Di sejumlah wilayah Sumatera kini mulai terjadi kebakaran hutan lagi.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016