Umat Hindu Protes Pernikahan Sejenis di Bali

Ilustrasi pernikahan sejenis
Sumber :
  • http://beritawonganteng.blogspot.com

VIVA.co.id - Pendeta agama Hindu di Bali, Mpu Jaya Premananda mengaku heran atas dugaan pernikahan sejenis yang terjadi di Pulau Bali.

Andi Pasrah Gagal Nikah dengan Kekasih Prianya

Mpu Jaya menegaskan, semua agama tak membenarkan adanya pernikahan sejenis. Ia meminta, pemerintah mengusut tuntas kasus tersebut. "Pemerintah harus tegas mengusut kasus ini. Ini terkait pencitraan bagi Bali agar orang tak berpendapat di sini boleh melangsungkan pernikahan sejenis," ujarnya di Denpasar, Bali, Kamis, 17 September 2015.

Ia mempertanyakan kehadiran pemangku (pemimpin agama Hindu di bawah pendeta) pada prosesi pernikahan sesama jenis tersebut. "Loh ini pemangkunya ngapain. Ini pernikahan atau apa? Jelas ini merupakan kesalahan," ujarnya menambahkan.

Polda Bali Segera Periksa WO Pernikahan Sejenis

Apalagi, dari foto-foto yang dilihatnya, sang pemangku sempat memercikkan tirta (air suci pembersihan lahir batin) kepada pasangan sejenis tersebut. Menurut dia, pemercikan air suci tak bisa dilakukan sembarangan. Ada tata krama dan aturan yang harus dilakukan. "Pemercikan tirta itu tak boleh sembarangan. Pasangan itu (sesama jenis) harus masuk Hindu terlebih dahulu," ucapnya.

Ia menduga, sang pemangku tak paham tata krama pernikahan agama ala Hindu. Atau, ia diarahkan oleh event organizer acara yang konon kabarnya digelar di sebuah resort mewah di kawasan Ubud, Gianyar itu. "Ini mungkin pemangkunya yang tidak mengerti. Atau dia tahu, tetapi diarahkan oleh pelaksana. Ini harus diusut juga," ujarnya menambahkan.

Polisi Temukan Lokasi Pernikahan Sejenis di Bali

Ia meminta lembaga terkait mengusut tuntas kasus ini. Dengan cara agama manapun, Mpu melanjutkan, pernikahan sejenis itu tidak diperbolehkan. "Ini menodai Hindu dan pemimpin upacara harus diberi pencerahan."

(mus)

Pasangan sesama jenis yang nekat menikah di Wonosobo Jawa Tengah, Sabtu (12/3/2016).

Gagal Nikah Sesama Jenis, Andi Fokus Menari dan Ngojek Motor

Pernikahan sesama pria itu dibubarkan polisi.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2016