LAPAN Kerahkan 7 Satelit Pantau Titik Api di Sumatera

LAPAN pantau kabut asap
Sumber :
  • Rusli Djafar/tvOne
VIVA.co.id
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
- Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) mengerahkan tujuh satelitnya untuk terus meng-
update
DPR Pertanyakan SP3 atas Perusahaan Tersangka Pembakar Hutan
kebakaran lahan dan kebakaran hutan yang masih terus terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, khususnya di wilayah Sumatera dan Kalimantan.
Zumi Zola Berikan Eskavator Tiap Kecamatan di Jambi

LAPAN Parepare, Sulawesi Selatan yang juga bertugas memantau kondisi permukaan wilayah Indonesia melalui citra satelit, mencatat masih terdapat sejumlah titik api di wilayah Sumatera dan Kalimantan.


"Kami menggunakan tujuh satelit mulai dari satelit resolusi rendah hingga resolusi tinggi untuk setiap hari
mengupdate
titik yang diduga menjadi lokasi kebakaran hutan dan lahan di Indonesia," kata Kepala Seksi Pelayanan dan Pengguna LAPAN Parepare, Sarip Hidayat, Jumat, 18 September 2015.


Menurut Sarip, data dari LAPAN Parepare ini kemudian dikirim ke bank data yang berada di Jakarta, untuk diproses secara cepat guna mengetahui titik mana saja yang saat ini terdapat titik api atau
hot spot.


"Setiap hari kami menggunakan satelit Terra dan Aqua yang resolusinya rendah dan untuk resolusi tinggi kami menggunakan satelit
landsat
8
yang gambarnya lebih detil," ujar Sarip.


Data dari Lapan Parepare ini digunakan sejumlah daerah di Indonesia untuk mengetahui lokasi titik api untuk lebih mengefektifkan upaya pemerintah melakukan pemadaman. (ase)


Rusli Djafar/tvOne Parepare

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya