Mendagri Perintahkan Camat dan Satpol PP Netral Saat Pilkada

Mendagri Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Moh. Nadlir

VIVA.co.id - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memerintahkan camat dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) menjaga netralitas pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak. Gelombang pertama pilkada serentak akan dilaksanakan di 259 daerah pada 9 Desember mendatang.

“Tugas utama  dalam pilkada serentak seluruh jajaran kecamatan harus netral,” kata Tjahjo Kumolo pada Apel Kesiapan Camat dan Satpol PP, Jumat 18 September 2015, di Lapangan Dataran Engku Putri, Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Dikutip dari laman sekretariat kabinet, Jumat 18 September 2015, Tjahjo bahkan mengingatkan agar camat tidak berbuat curang dalam pelaksanaan pilkada serentak nanti. Pasalnya, kata tjahjo, manipulasi suara dengan menambah angka sering dilakukan oknum camat pada tahapan penghitungan suara.

“Untuk itulah para camat harus baik karena kalau tidak, hal yang sama akan ditiru oleh para kepala desa,” pesan Tjahjo.

Mendagri Bersurat Minta KPK Bentuk Kantor Daerah

Baca juga:

Adapun tiga instruksi Tjahjo kepada camat dan satpol PP di antaranya seluruh jajaran camat diperintahkan untuk netral. Dua, camat dan seluruh aparatur pemerintah wajib melayani masyarakat dengan ikhlas. Terakhir, camat diminta untuk meningkatkan koordinasi dengan seluruh perangkat di tingkat kecamatan dan desa. 

“Di tingkat kecamatan ada Kapolsek, Danramil, ada tokoh-tokoh masyarakat. Semua harus mampu membangun stabilitas daerah,” kata Tjahjo.

Camat bahkan dituntut untuk bisa melakukan deteksi dini dalam mempersiapkan dan melaksanakan semua tahapan pilkada. (ren)

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo

Kemendagri Sosialisasi PP Tentang Perangkat Daerah

Agar pemerintah bisa berjalan lebih efektif dan efisien ke depannya

img_title
VIVA.co.id
5 Agustus 2016