Diserang Kabut Asap, Bandara Bangka Lumpuh Selama 12 Jam

Kabut asap, Bandara Sultan Thaha Jambi lumpuh
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan

VIVA.co.id - Bandara Depati Amir Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, lumpuh selama 12 jam akibat diselimuti kabut asap sejak pagi hingga malam hari ini, Jumat 18 September 2015.

Indonesia Targetkan 2 Juta Hektare Gambut Dipulihkan

Kabut asap yang pekat menyebabkan jadwal penerbangan sejumlah maskapai penerbangan di bandara tertunda, dan baru sekitar pukul 22.00 WIB tadi Bandara kembali menerima kedatangan pesawat dari Jakarta-Palembang, dan Belitung.

Berdasarkan laporan reporter TvOne, di sekitar Bandara Depati Amir Bangka kabut asap menyelimuti apron dan runway bandara. Jarak pandang di bawah batas normal atau kurang dari 2.000 meter telah menyebabkan pilot pesawat tidak berani mendarat di bandara.

Bandara Depati Amir pun dinyatakan ditutup sementara, sembari menunggu kabut asap menipis. Akibatnya, ratusan penumpang dari sejumlah maskapai penerbangan  menumpuk di bandara penumpang.

Mereka tidak hanya menunggu di ruang tunggu keberangkatan saja, namun ada yang menunggu di selasar depan terminal keberangkatan maupun kedatangan.

Hanya dua pesawat menginap yang berani lepas landas. Sementara pesawat yang hendak mendarat terpaksa balik kanan dan memilih mendarat di Bandara Sultan Mahmud Badarudin II, Palembang, Sumatera Selatan, serta Bandara Soekarno Hatta, Jakarta.

Petugas menunjukkan sebaran titik api yang muncul di sejumlah kawasan hutan dan lahan di Indonesia

Riau Kembali Alami Musim Kemarau

Meski sebagian wilayah mengalami hujan, di Riau masih ada titik api.

img_title
VIVA.co.id
3 Februari 2016