'Diserbu' Calon Haji, Masjid Abdullah Dibuka untuk Jemaah

Kakbah.
Sumber :
  • REUTERS/Hassan Ali

VIVA.co.id - Jutaan calon jemaah haji dari seluruh penjuru dunia memadati kota Mekah. Mereka bersiap menjalani puncak haji, wukuf di Padang Arafah.

Satu Jam di Masjid Nabawi

Menanti pelaksanaan wukuf, konsentrasi ibadah jemaah kini berpusat di Masjidil Haram dan sekitarnya. Seperti dikutip dari Media Center Haji, Kementerian Agama, jemaah menyerbu Masjidil Haram, terutama saat menjelang salat fardhu, Jumat waktu Arab Saudi.

Saking padatnya jemaah, pemerintah Saudi akhirnya membuka pintu Masjid Abdullah untuk menampung jemaah yang datang dari arah Jarwal. Masjid Abdullah merupakan bagian utama perluasan Masjidil Haram.

Hari Ini 15 Kloter Jemaah Berangkat ke Tanah Suci

Dari pintu utama Masjid Abdullah ini, jemaah bisa langsung menuju tempat thawaf di lantai satu. Akses menuju Masjid Abdullah ini  mempersingkat waktu jemaah yang berasal dari Jarwal atau Misfalah bila ingin pulang setelah sa’i.

Sebaliknya, dari Bab Marwah yang merupakan akhir perjalanan Sa’i, jemaah bisa langsung mengambil akses ke Masjid Abdullah untuk selanjutnya menuju tujuan pemondokan masing-masing.

Pintu lain yang dibuka adalah Pintu King Abdul Aziz. Walaupun masih belum selesai direnovasi, jemaah yang berasal dari arah Tower Zam-Zam atau Jiyad bisa langsung mengakses tempat thawaf melalui pintu ini.

Seluruh Jamaah dan petugas haji Indonesia yang berjumlah 156.222 orang kini sudah berada di Mekah.

Keberangkatan Ditunda, Dua Calon Haji Tunggu Putusan Hakim
Jamaah haji sedang tawaf

Tawaf dan Rahasianya

Tawaf dimulai dan berakhir di sudut Hajar Aswad. Melawan arah jam.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016