Jokowi Kritik Minimnya Promosi Sail Tomini

Presiden Joko Widodo Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id -  Presiden Joko Widodo meminta agar kegiatan seperti Sail Tomini 2015 yang dihadiri banyak peserta dari berbagai negara, seyogyanya dipasarkan dengan baik setahun atau dua tahun sebelumnya.  

Maumere Siap Jadi Panggung Wisata Nasional dan Dunia

"Sehingga semua orang tahu, promosikan ke seluruh televisi, termasuk luar negeri. Gunakan sosial media. Sehingga sebelum hari-H banyak wisatawan asing yang hadir," kata Jokowi saat memberikan sambutan pada puncak acara Sail Tomini 2015 di Pantai Kayu Bara, Desa Pelawan Baru Kecamatan Parigi Tengah, Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, Sabtu 19 September 2015.

Kesinambungan kegiatan setelah acara berlangsung juga tidak luput menjadi perhatian Presiden. "Setelah acara ini ada tindak lanjut, bukan kegiatan yang hanya sekali dalam setahun dan setelah itu senyap," ujar Presiden.
Ini Alasan Bali Sibuk Gencarkan Desa Wisata

Presiden juga mengingatkan betapa pentingnya menyiapkan suatu kegiatan besar, sekelas Sail Tomini 2015, dengan baik dan dipersiapkan secara detil.
10 Destinasi Wisata Ini Bakal Saingi Bali?

Bahkan Presiden meminta persiapan yang dilakukan bukan hanya dua-tiga bulan, tapi sebaiknya satu atau dua tahun sebelumnya, termasuk menyiapkan pengisi acaranya, seperti penari dan pemilihan desain kostum yang akan digunakan.

Dalam pandangan Presiden tarian  budaya yang ditampilkan dan kostum yang digunakan sudah cukup baik. "Tapi kalau ada sentuhan koreografer dari pusat dan kuratornya akan muncul produk yang sempurna dan baik," ujar Presiden.

Presiden yang hadir bersama Iriana Joko Widodo memperhatikan detil acara yang ditampilkan pada Sail Tomini 2015 tidak hanya dalam sambutannya saja, tapi Presiden memanggil seorang penari yang menari pada tarian Selamat Datang "Songu Lara Mombangu".

Selain itu, Presiden juga memanggil seorang desainer yang mendapat penghargaan pada Lomba Desain Batik Tomini, yakni Yuku Mokodompis yang berasal dari Kota Tangerang. 

Dalam dialognya dengan penari, Presiden menanyakan berapa lama latihan yang dilakukan untuk tampil pada Sail Tomini 2015 kepada penari itu. Penari itu menjawab bahwa latihan yang dilakukan selama tiga bulan. "Kurang, seharusnya satu atau dua tahun yang lalu," ucap Presiden. 

Presiden menanyakan juga tentang siapa yang membuat asesoris yang digunakan penari itu. "Warga," jawab sang penari. "Pelibatan warga sangat penting. Produk ini bagus sekali dan desainnya juga, tapi kalau dilihat detil. Berarti pekerjaan kurang detil, mesti ada sentuhan desainer," ujar Presiden.

Mengenai kostum yang digunakan penari, Presiden merasa perlu bertanya kepada seorang desainer yang mendapatkan penghargaan. "Saya bukan desainer, nanti saya salah memberi komentar," ucap Presiden.

Desainer itu menjelaskan bahan kain yang digunakan tidak cocok dengan cuaca yang cukup panas, sehingga harus menggunakan kainnya lebih dingin bila digunakan. Selain itu,  pemilihan warna yang digunakan agar lebih cerah lagi. 

Usai mengikuti acara pembukaan Sail Tomini 2015, Presiden dan Ibu Iriana Joko Widodo menyaksikan berbagai aksi akrobatik serta, defile kapal perang, kapal pemerintah dan kapal-kapal nelayan.

Tampak hadir pada acara tersebut, Presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Ketua DPD Irman Gusman, Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Gubernur Sulaweis Tengah Longki Djanggola,serta para menteri anggota Kabinet Kerja.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya