Jelang Wukuf, Pengawas Haji DPR Minta PPIH Siap

Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, cek kesiapan puncak haji
Sumber :
  • Kemenag RI

VIVA.co.id - Tim Pengawas Haji DPR RI melakukan pengawasan dan pengecekan ke daerah Armina (Arafah, Muzdalifah, dan Mina). Pengawasan ini dilakukan guna mengecek persiapan PPIH Kementerian Agama dalam menyiapkan prosesi ibadah di kawasan Armina. Prosesi ibadah di Armina adalah salah satu puncak penyelenggaraan ibadah haji.

Tawaf dan Rahasianya

“Secara syari'at, haji itu adalah di 'Arafah. Tidak sempurna haji seseorang jika tidak melakukan wukuf di Arafah,” kata Ketua Komisi VIII DPR RI, Saleh Partaonan Daulay dari Mekah, Arab Saudi, melalui keterangan tertulis yang diterima VIVA.co.id, Minggu, 20 September 2015.

Seluruh jemaah haji dari berbagai belahan dunia akan berkumpul di Arafah untuk wukuf. Karena kepadatan jumlah jemaah, PPIH harus bisa memastikan bahwa seluruh jemaah haji Indonesia bisa sampai di Arafah tepat waktu. Menurut Saleh, tak mudah memobilisasi jemaah yang berjumlah 168.800 orang tersebut.

“Salah satu kendala yang sulit dihindarkan kemungkinan adalah kepadatan lalu lintas di kawasan Armina. Karena itu, para petugas haji diminta untuk memandu para jamaah agar disiplin dan tepat waktu. Itu sangat penting untuk memudahkan mobilisasi para jemaah dari Mekkah, Arafah, Muzdalifah, dan Mina,” ujar Saleh menambahkan.

Menurut Saleh, Tim Pengawas DPR memeriksa fasilitas dan sarana yang dibutuhkan jemaah selama di Arafah, Muzdalifah, dan Mina. Fasilitas yang diperiksa antara lain, dapur umum, kamar mandi, tenda, alat pendingin, karpet, kecukupan air, distribusi makanan, evakuasi dan pengamanan jemaah dalam keadaan darurat.

Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita

“Kita mengharapkan bahwa seluruh jamaah kita diberikan pelayanan terbaik. Tidak boleh ada yang tidak kebagian makanan, tidak bisa wudhu', tidak bisa ke kamar mandi, dan lain-lain. Selain itu, selama wukuf, diharapkan mereka tidak kepanasan dan tetap nyaman melakukan ibadah."

(mus)

Penyebab Pesawat Haji dari Padang Gagal Terbang
Anggota Komisi VIII Desy Ratnasari

Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji

Uang itu tak boleh digunakan sembarangan.

img_title
VIVA.co.id
17 Januari 2017